MasariAvatar border
TS
Masari
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
Dari ajakan disebuah forum, maka pada tanggal 29-30 september 2012 disepakati untuk diadakan pendakian ke Gunung Talang, Sumatera Barat.

Sedikit tentang Gunung Talang :
Gunung Talang (nama lainnya Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di Kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat, Indonesia

Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok, dengan jarak sekitar 40 km sebelah timur Kota Padang

Gunung ini bertipe stratovulcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang, Gunung Talang sudah pernah meletus sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007, letusan terparah dalam 10 tahun terakhir terjadi pada 11 April 2005. Letusan Gunung Talang seringkali berhubungan dengan kejadian gempa di Sumatera Barat.

Dibanding Gunung Merapi dan Singgalang, Gunung Talang termasuk yang jarang didaki, ini dikarenakan sulitnya transportasi menuju ke desa awal pendakian, Desa Batu Barjanjang. Desa ini dapat dicapai dari arah Kota solok dengan menggunakan Angkutan desa menuju Bukit Sileh dan hanya sampai desa Jorong Pasar, setelah itu bisa dilanjutkan dengan ojek atau jalan kaki kalo kuat ke Batu Barjanjang, Kampung bawah gunung.

Review Perjalanan
Perjalanan dimulai dari Kota Padang, setelah menembus kemacetan karena ada acara wisuda di Universitas Negeri Padang, sampailah kami di pool bus Jasa malindo, Jalan raya Dr. Sutomo/Aru, Lubuk Begalung. dari sini dilanjutkan dengan menumpang bus Jasa malindo kearah Kota Solok namun kami tidak akan turun di kota Solok, tapi nanti akan turun di Cupak.

Gak pake lama menunggu bus pun berangkat pukul 13.00, sepuluh menit perjalanan bus berhenti ternyata jalan Padang – Solok sedang dilakukan sistim buka tutup lalu lintas selama 1 jam karena sedang dilakukan pembangunan jalan sitinjau laut. Setelah sabar menunggu bus pun berangkat. Di desa cupak kami turun, dan langsung menuju ke Jorong Kampung Pandan, rumah M. Ridho/ Yahya, sobat TS.

Dari sini kami menunggu teman-teman dari Sawahlunto dan Batu sangkar, yang sudah mencarter kendaraan dari kota Solok. Jam 16.00 yang ditunggu akhirnya pun datang, setelah pamit ke orang tuanya Yahya, kami berangkat ke desa batu barjanjang.

Spoiler for Talang:
0
6.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANC
icon
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.