milanholic87
TS
milanholic87
Apa itu kamera mirroless dan apa saja kamera mirrorless yang bagus??
Pernah bingung pas mau beli kamera? Biasanya sih gini pertimbangannya, beli kamera poket nanggung. Kalau beli DSLR (Digital Single Lens Reflex) bakal keliatan keren. Tapi uang pas-pasan, lagipula body DSLR yang gede suka jadi kendala. Nah, siapa tahu Mirrorless Camera solusi buat agan-agan.

Buat agan-agan yang belum tahu soal mirrorless camera, perbedaan paling utama antara mirrorless camera dan DSLR adalah kaca (mirror) atau pentaprisma yang tertanam di bodi. Di kamera DSLR, kaca ini fungsinya memantulkan cahaya dari lensa ke lubang intip atau viewfinder. Hal ini membuat pengguna bisa melihat image sebelum menjepret. Saat pengguna menekan shutter, mirror ini akan flip-up agar cahaya menembak image sensor.

Nah, mirrorless camera menghilangkan mirror atau pentaprisma itu. Akibatnya body kamera lebih kecil dibandingkan DSLR. Live Viewnya menyatu dengan layar LCD, seperti yang ada di kamera saku. Jelas ini keuntungan buat agan-agan yang suka traveling. Kamera yang agan-agan bawa gak berat dan gak makan tempat di tas.

Soal hasil juga gak usah diragukan. Fotografer profesional sekelas Arbain Rambey dan Darwis Triadi sudah mengakui kalau kamera jenis ini bisa menghasilkan foto dengan kualitas yahud.

Urusan kecepatan fokus juga bisa diandalkan. Beberapa mirrorless camera keluaran Nikon dan Olympus sudah sangat memuaskan dalam urusan kecepatan fokus. Malah bisa jadi lebih cepat dari kamera dslr.

Keuntungan lain dari mirrorless kamera, yaitu kamera ini lebih cepat mengambil gambar dibanding DSLR. Sebab pantulan gambar langsung mengenai sensor tanpa melalui cermin / pentaprisma terlebih dulu.

Satu lagi, kamera ini juga tidak berisik ketika mengambil gambar. Kalau kamera DSLR berbunyi ‘cekrek-cekrek’ saat mengambil gambar itu disebabkan oleh mirror yang flip up ketika tombol shutter ditekan.Cocok banget kalau dipakai buat motret konser yang gak boleh berisik, misalnya motret konser piano atau akustik. Bisa juga buat motret behind the scene sebuah film. Soalnya nih, suara ‘cekrek-cekrek’ dari kamera DSLR bisa masuk ke sound film ketika lagi syuting.

Oiya, kamera ini juga bisa diganti lensanya sama seperti DSLR. Jadi agan-agan gak usah khawatir soal rentang lebar lensa. Meski memang tongkrongan lensanya gak sesangar lensa DSLR yang gede atau gagah.

Sebagai bukti kejayaan mirrorless camera, Masato Sogo selaku Senior Supervisor Overseas Sales and Marketing Departmen Olympus untuk wilayah Asia dan Oseania bilang kalau pasar kamera DSLR di Asia udah mulai dicaplok sama kamera mirrorless. Kamera jenis ini diperkirakan bakal menguasai 45 persen pangsa pasar slr di tahun 2012.

Satu lagi yang perlu agan-agan catet, perkembangan teknologi kamera sangat cepat belakangan ini. Sangat mungkin kalau mirrorless camera jadi pilihan utama konsumen di masa depan. Kamera DSLR yang berat dan besar mungkin hanya digunakan para fotografer profesional untuk keperluan tertentu seperti olahraga atau wildlife.

Nah, kalo agan-agan emang butuh kamera dengan kemampuan canggih dan gak bikin repot, coba aja mirrorless kamera. Gak selamanya body kecil identik sama kemampuan minim.

Jujur ane juga mau beli camera mirrorless...\\NABUNG yuks..hehe emoticon-I Love Kaskus (S)
========================================================
Ini beberapa kamera Mirrorless terbak versi http://www.2cameraguys.com
semoga membantu..
BEST MIRRORLESS CAMERA
Sony NEX-5N
16.1 MP APS-C Sensor - (More Specs)
$599 (Body Only), $699 with 18-55mm zoom lens
Sony NEX-5N

Sony NEX-5N yang ramping dan seksi adalah kamera terbaik dalam pemilihan mirrorless. Meskipun tidak diperingkat di bagian atas setiap kategori pada daftar saya, secara keseluruhan, NEX-5N terbukti menjadi pilihan yang lumayan berkelas.
Sony NEX-5N menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik, bahkan dalam situasi cahaya rendah, bahkan Sony NEX-5N juga menyenangkan bila hanya untuk sekedar jeprat jepret.
Kamera ini mudah digunakan, paling tidak untuk kategori kamera mirrorless. Sony NEX-5N terasa enak di tangan Anda dan terlihat bagus digantungkan di leher.
Sony telah mengemas banyak kinerja dalam tubuh kecil NEX-5N dan mereka mulai mengisi jajaran atas lensa berkualitas tinggi.
Sebagai kesimpulanya kamera Sony NEX-5N memiliki Kualitas wah tapi dengan harga yang rasional, kecuali Anda menginginkan kamera dengan jendela bidik. NEX-5N tidak memiliki satu built in dan jendela bidik elektronik tambahan bisa agan daptkan dengan biaya tambahan $ 350.

Samsung NX200
20.3 MP APS-C Sensor - (More Specs)
$899 with 18-55mm zoom lens
Samsung NX200 Angle

APS-C sensor NX200 Samsung dengan 20,3 megapixels adalah yang terbesar dalamurusan jeprat-jeprat, dan kualitas gambar yang dihasilkan seimbang dengan Sony NEX-5N.
Bahkan, Samsung mirip dengan Sony dalam banyak hal termasuk tubuh tanpa jendela bidik terintegrasi, sebuah sekrup-lampiran pada flash, dan fitur panorama yang membias.
Layar tiga inci OLED yang indah, tetapi tidak miring seperti Sony, yang membuat melihatnya dalam terang sinar matahari hampir tidak mungkin. Hal ini juga tidak terlalu sensitif.
Pada layar deskripsi membuat navigasi melalui berbagai fungsi lebih mudah, tetapi seperti setiap kamera lain , untuk menjadi mahir akan membutuhkan beberapa waktu untuk belajar.
Memutuskan di mana untuk menentukan peringkat NX200 Samsung tidak mudah. Jika bukan untuk sensor yang besar dan kualitas gambar baik, itu akan turun ke bawah daftar karena merupakan salah satu kamera yang paling mahal dalam hal jeprat-jeprat.
Juga jika Anda menginginkan jendela bidik terintegrasi pada kamera, agan harus kecewa karena Samsung tidak membuatnya, baik itu elektronik atau optik.
Panasonic G3
16 MP Four Thirds Sensor - (More Specs)
$599 (Body Only), $645 with 14-42mm zoom lens
Panasonic G3 Top
Panasonic G3 Top View

Dalam upaya mereka untuk membuat kamera mirrorless teman perjalanan yang ideal, produsen menanggung risiko mengurangi ukuran mereka terlalu banyak, terutama untuk tangan yang lebih besar.

Bagi Anda yang memerlukan sarung tangan besar, G3 Panasonic, dengan pegangan yang substansial, dirasa cukup nyaman. Dan tata letak kontrol yang sangat mirip dengan DSLR itu.

Bahkan, dengan built-in jendela bidik elektronik, mudah untuk percaya bahwa G3 adalah DSLR.
Kualitas foto cukup baik dalam situasi pencahayaan normal. G3 mulai menampilkan lebih banyak suara ketika Anda harus mendorong ISO di atas 800 untuk mengkompensasi untuk pemotretan dalam cahaya rendah.
Menjadi bagian dari keluarga Micro Four Thirds, G3 menawarkan berbagai lensa berkualitas. Tentu saja, beberapa dari mereka lebih mahal dari tubuh G3, yang tidak sulit karena ini Panasonic adalah kamera paling mahal dalam hal jeprat-jepret.
Menimbang bahwa ia datang dengan sebuah jendela bidik yang terintegrasi, harganya bahkan lebih menarik. Panasonic pasti nilai terbaik dalam kelompok ini. Tapi semua hal dipertimbangkan, Sony NEX-5N masih yang terbaik di kelas mirrorless.

Olympus E-P3
12.3 MP Four Thirds Sensor - (More Specs)
$849 with 14-42mm zoom lens
Olympus EP3

Jangan tertipu oleh penampilan retro dari Olympus E-P3. Ya, itu memang memiliki tombol khusus dan roda modus dengan PASM (Program, Aperture, Shutter dan Manual) pilihan yang akan memberikan kenyamanan bagi tradisionalis.
Tapi jika kamera pertama Anda adalah smartphone, E-P3 melengkapi LCD touchscreen di mana semua fungsi kamera di ujung jari Anda.
Kualitas gambar yang halus dan berbagai kompatibel Micro Four Thirds lensa sangat luas.
Seperti Sony NEX-5N, ini Olympus tidak termasuk jendela bidik yang terintegrasi, yang diperparah oleh kenyataan bahwa E-P3, (atasnya hanya oleh Samsung NX200), adalah salah satu kamera yang paling mahal dalam urusan Photografi.

Nikon V1
10.1 MP CX Sensor - (More Specs)
$849 with 10-30mm zoom lens
Nikon V1

V1 Nikon, dengan sensor yang kecil, (bila dibandingkan dengan tiga kamera di atas), secara mengejutkan tidak menderita ketika dikomparasikan menurut kualitas gambar dai kamera mirror less lainnya.
Dan bagi anda yang menjadi frustasi ketika Anda rindu menangkap momen berharga karena kamera Anda masih mencoba untuk fokus, V1 menyediakan mobil tercepat dan paling akurat dengan fokus dalam hal memotret.
Desain industri V1 itu adalah menarik, seperti masuknya jendela bidik built-in. Ini aneh bahwa Nikon memilih untuk tidak menyertakan flash pop-up.
Juga, karena ini adalah sebuah perampokan pertama Nikon ke dalam kategori mirrorless, pemilihan lensa yang dibuat khusus untuk itu terbatas.
Mengingat harga yang lumayan, kecuali jika Anda seorang diehard Nikon fanatik, saya akan menyarankan Anda menunggu model generasi kedua.Pentax Q
12.4 MP 1/2.3" Sensor - (More Specs)
$649 with 8.5mm prime lens
Pentax Q

Q Pentax adalah mainan. Sensor berukuran sangat kecil. Pentax bahkan label dua lensa sebagai sebuah "mainan."
Dengan mengatakan bahwa, Q dapat menghasilkan gambar yang cukup dapat diterima. Dan kamera, dengan lensa kit pancake, adalah kemara paling saku dari yang lainnya.
Sangat tidak masuk akal bila kamera ini dihargai $ 850.
Bahkan sekarang, dengan itu harga dikurangi $ 200 atau lebih, Q terlalu mahal, terutama jika Anda mempertimbangkan G3 Panasonic dijual seharga sekitar sebanyak dan termasuk jendela bidik.

Semoga dapat membantu kita semua dalam pemehaman tentang kamera mirrorless..dan semoga tidak emoticon-Blue Repost
dan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) mau banget..hehe

SUMBER : http://www.la-lights.com
http://www.2cameraguys.com
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 88 suara
kamera jenis mirrorless apa yang kamu pilih??
Sony NEX-5N
55%
Samsung NX200
5%
Panasonic G3
5%
Olympus E-P3
20%
Nikon V1
13%
Pentax Q
3%
0
139.8K
494
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
Photography
icon
14.2KThread4.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.