Hyundai Trajet Community

Closed
21 votes, 4.95 average.
Subscribe share: Twitter Facebook
profile picture
Kaskus Holic #5321
Quote:Original Posted By vanrait
Dear Agans2 pendahulu TJ,
Saya mau nanya lagi tentang kursi baris ketiga apa bisa dilipat atau tidak yah? kemaren sebelum pindah tangan saya lupa cek, tadi malam saya coba mau lipat ternyata tidak bisa dan saya tidak menemukan tuas yang biasa digunakan utk melipat kursi, mohon share nya, tks.

klo seat/jok tipe CBU tinggal tarik pita merah(lepas head rest dulu kmdian
lipat sandaran jok,realese handle ada di kiri untk jok kiri,di kanan utk jok kanan)
tarik pita merah...jegrek..bangku terlipat.
untuk jok non CBU (satu jok 3 baris jadi satu) putar knob/baut yg ada di kaki kiri-kanan. mtr suwun.
profile picture
Kaskus Holic #5322
Quote:Original Posted By iwakpitik
Sehubungan dengan Masa Lebaran yang akan datang dan rencananya Trajet akan dibawa mudik lagi, kemarin hari sabtu 7 Juli 2012, mempersiapkan trajet supaya fit dalam perjalanan.

Jajan kali ini tergolong lumayan gede, itupun masih menyisakan beberapa PR yang mau-tidak mau harus di selesaikan.

Kenapa persiapan lebaran aja harus jajan gede? karena ini gan...

Spoiler for coba tengok


Ya.. betul, sesuai dengan manual Trajet, pada saat kilometer menunjukkan angka 60,000 km. Timing Belt harus diganti, dan timing belt tidak dapat diganti belt-nya saja, Idler dan tensioner juga ikut diganti. Well sebenernya angka 60,000km itu juga relatif karena penggunaan sehari-hari meskipun tidak berjalan, ketika mesin hidup belt juga muter... jadi ada baiknya, maksimal 4 tahun timing belt diganti, meski itu jauh dari 60,000km.

Alhamdulilah, timing belt saya tidak ada problem selama menempuh perjalanan 56,000km, dan usia kendaraan lebih dari 6 tahun. Jangan ditiru ya gan... ini murni karena duit cekak

BTW, ternyata ketika dibuka, kondisi timing belt saya masih prima, tanpa ada retak, gigi gompal atau problem fisik lainnya... semua well runnig. ini benar2 benar sebuah keberuntungan. Namun dmeikian, apabila tidak diganti saat ini bisa putus ditengah jalan, dan apabila demikian maka bisa jajannya lebih banyak.

Pilihan ganti timing belt bukan di HMI, dan ini sudah saya pertimbangkan dengan matang (lagi-lagi alasan klasik. Dana), namun demikian, bukan berarti saya main-main dengan keputusan saya untuk ganti timing belt di luar. Alhamdulilah, salah satu keuntungan menjadi member klub, toko rekanan di luar ini menyediakan paket timing belt dengan unit original dengan harga miring, sehingga saya pilih ambil paket ini.

Pada saat penggantian, terlihat engine mounting kanan saya yg dekat timing belt Hancur lebur, oblak, dan putus. penasaran, saya minta seluruh engine mounting yg jumlahnya 4. ternyata yg depan - belakang masih oke. yang kiri dekat transmisi hancur juga. Tapi ini hebatnya trajet... dg tanpa engine mounting yg bagus, mesin masih anteng. Akhirnya diputuskan ganti Engine mounting kanan dan kiri.

Di samping ganti timing belt, sektor kaki-kaki menjadi prioritas pemeriksaan. Bagian belakang mobil kalo kena jalan tidak rata gludak-gluduk serta banyak bunyi-bunyi aneh lainnya. setelah diperiksa, ternyata shock udah nyaris mati. ambles oli dah mulai muncrat ke mana-mana. Akhirnya terpaksa ganti juga dengan dua unit shock original HMI, buatan KAYABA (Gas).

Kelar bagian belakang, sektor kaki-kaki depan mendapat perhatian... shock depan sudah mulai brekele tapi masih 80%. selanjutnya perhatian di alihkan ke sektor bushing arm, dan ternyata udah mulai remuk. ya sudah semua sektor ini diganti, minus shock dan supportnya.

Tak ingin berjudi, v belt yg umurnya juga udah setahun saya ganti semua, well, hati agak tenang deh....

Kelar diganti, kondisi mobil senyap banget, gara2 engine mounting baru, getaran mesin nyaris tidak terasa. demikian juga suara2 aneh dibelakang sudah lihang, mobil lebih terasa mental-mentul di jalan berlubang... pokoknya improvement-nya lumayan banget.

Spoiler for Selanjutnya biar gambar yang berbicara

#1. Suasana di Sarana AUTO PMK, btw saya bersama track.us-er juga nih... juragan fauzi.halim, yang benerin AC dan Radiator.


#2. Gajah biru sedang dicopot bannya


#3. Timing Belt Masih Sangat Prima, tapi jangan coba-coba tidak diganti ya karena umurnya kita juga tidak tahu


#4. Timing Belt Masih Sangat Prima, ga ada gigi protol atau retak


#5. Engine Mounting Brodol! ini mesin berarti gantung di mana ya...


#6. Engine Mounting yg deket transmisi, ambrol juga.. weleh-weleh..


#7. Bushing Arm Oblak


#8. Timing Belt, Idler dan Tensioner


#9. Shock Breaker Kayaba (Original HMI)


#10. Bushing Arm


#11. Link Stabilizer


Semua bahan-bahan di atas ditebus cukup murah. Bayangkan spare part semuanya Original (meski sebagian besar bukan HMI, tapi Mobis). makanya ini sekaligus membuktikan sparepart Hyundai gak ada yg mahal, sepanjang kita kita tahu tempat belanja-nya (dan saya yakin, di beberapa toko harga ini masih bisa di tekan).

BTW, harga yang saya dapatkan adalah harga Member TFC, dan saya share dimari hanya untuk perbandingan saja, kalo juragan bukan member mungkin harga juga bisa berbeda. At least ini bisa jadi patokan, kalo juragan-juragan belanja di PMK, Atrium Senen, BTC, BSD, atau Pondok Cabe.

Spoiler for habisnya cuma segini gan


Meskipun sudah keluar duit banyak tersebut, masih ada PR lagi yang mesti segera diselesaikan antara lain :
1. Spooring & Rotasi Ban, habis diganti bushing-nya agak buang ke kiri banyak
2. Tune Up, biar enteng tarik-tarikannya
3. Support dan Shock depan, nunggu THR neh... biar makin mentul2 trajet ane
4. Engine Mounting depan belakang, rasanya ada yg agak kurang kalo gak semuanya diganti.

.......... biarlah banyak jajan, yg penting hati senang, pikiran tenteram

om Reza..,Sarana Auto PMK di blok apa ya?
klo eksekusinya disitu...kwalitas montirnya gmn om?
matur suwun.
Quote:Original Posted By gatot17
sudah cek sensor CKP blm?bisa jadi sdh pecah-2/retak fitingnya,(lokasinya di dlm timing belt,hrs bengkel yg cek)
sy pernah mengalami waktu pertama kali pakai Trajet (8 thn yl)
menurut bengkel langganan sy pergantiannya tiap 2 kli ganti timing belt set
satu kali ganti sensor CKP.semoga membantu. mtr suwun.


ok om ane coba cek deh
semoga aja ckpnye yang brekele...

thanks ye om
Quote:Original Posted By vanrait
Dear Agans2 pendahulu TJ,
Saya mau nanya lagi tentang kursi baris ketiga apa bisa dilipat atau tidak yah? kemaren sebelum pindah tangan saya lupa cek, tadi malam saya coba mau lipat ternyata tidak bisa dan saya tidak menemukan tuas yang biasa digunakan utk melipat kursi, mohon share nya, tks.


kl yg masi bu kan disamping ada tuasnya om..diputer aja buat nglipet sandaran jok.kl nglipet joknya tarik aja tali merah dubelakang jok om
profile picture
Kaskus Addict #5325
Quote:Original Posted By iwakpitik
Betul Om...

Komponen Hyundai boleh dibilang hanya ada satu, ORIGINAL Doang... Meski Channel Distribusi-nya berbeda (Coba cek label Timing Belt saya yg HMI Punya, itu dibuat Oleh MOBIS KOREA). Harga juga terbukti Murah bener... Jadi kalo dibilang harga sparepart mahal, susah didapat itu cuma HOAX doang.

Soal engine mounting, Insya allah punya Om Arief juga sudah ambrol
Karena beberapa teman bilang umur engine mounting rata-rata 2 atau paling lama 3 tahun saja... Monggo diganti om, ambil aja di toko langganan, trus pasang di mekanik langganan... ane yakin sekali ga mahal kok dibandingkan dengan apa yg dihasilkannya... mesin ualus rek! getaran ter-redam di mountingnya...


Menurut sy sih gak masalah pakai jeroan / isi karet engine mounting selama harganya masih ekonomis dan ada montir yg bisa kerjain. Dari dulu tahun 98 sy pake mobil Hyundai ( atoz , cakra ke accent ke verna , nenggala , getz )selalu cari isinya engine mounting , kalo ada. Malah sayangnya gak semua engine mounting hyundai ada jual isinya doang , padahal kadang kadang di buku part number Hyundai nya sendiri ada nomornya. Seperti yg belum lama ini sy ganti punya Getz SG , sebiji harganya 1,2jt !

Gak perlu beli complete assy kalo gak perlu semua. Misalnya as roda. dulu gak ada jual as luar doang yg nempel di roda , harus beli 1 set , as luar , as dalam , batangnya , dll.

Kalo ada montir yg gak bisa kerjain hal ini , mending suruh belajar lagi. cuman perlu bawa ke tukang pres , kalo tukang pres nya gak bisa juga, saranin pres tempe aja.

Kayaknya server kaskus ada yg brekele , overload, sampai gbr bisa hilang semua.
profile picture
Kaskus Addict #5326
Quote:Original Posted By gatot17
om Reza..,Sarana Auto PMK di blok apa ya?
klo eksekusinya disitu...kwalitas montirnya gmn om?
matur suwun.


Sarana Auto
Pasar Mobil Kemayoran Tahap III Blok H/08
No. Telp. 65850162, 70766887
Ownernya namanya Ko. Ricky, He is nice person.

Kalo bisa masuk dari Pintu 7, begitu habis bayar karcis, langsung aja belok kiri, di sini cuma ada 2 toko, dia adanya di sebelah kanan. Parkirannya luas, krn begitu masuk PMK langsung ketemu tokonya.

Kualitas mekanik, belum bisa bicara banyak (karena baru pertama kali)
Dari testimoni kemarin, mobil saya ditangani dengan sangat baik, dalam arti si mekanik persis tahu apa yang dia kerjakan. Pede dan gak ada yang sulit pas ganti2 parts-nya... overall saya puas.

Yang jelas, toko ini jadi jujugan hampir semua komunitas klub mobil korea di samping persatuan dan sakura korea.
profile picture
Kaskus Addict #5327
Quote:Original Posted By ikaskus
Menurut sy sih gak masalah pakai jeroan / isi karet engine mounting selama harganya masih ekonomis dan ada montir yg bisa kerjain. Dari dulu tahun 98 sy pake mobil Hyundai ( atoz , cakra ke accent ke verna , nenggala , getz )selalu cari isinya engine mounting , kalo ada. Malah sayangnya gak semua engine mounting hyundai ada jual isinya doang , padahal kadang kadang di buku part number Hyundai nya sendiri ada nomornya. Seperti yg belum lama ini sy ganti punya Getz SG , sebiji harganya 1,2jt !

Gak perlu beli complete assy kalo gak perlu semua. Misalnya as roda. dulu gak ada jual as luar doang yg nempel di roda , harus beli 1 set , as luar , as dalam , batangnya , dll.

Kalo ada montir yg gak bisa kerjain hal ini , mending suruh belajar lagi. cuman perlu bawa ke tukang pres , kalo tukang pres nya gak bisa juga, saranin pres tempe aja.

Kayaknya server kaskus ada yg brekele , overload, sampai gbr bisa hilang semua.


He eh gan saya sepakat... kemarin untuk ganti bushing2 cukup ke tukang press. Cuma, kalo harga komplitnya aja udah murah ngapain repot2 udah beli gelondongan aja... toh gak semua montir jago, hasilnya nanti malah gak murah, hehehehehehe....

Om Ikaskus, utk gambar-gambar yg pernah diposting di halaman depan mohon direcover ya... kalo perlu ditaruh di server eksternal macam imageshack, photobucket, flicker atau yg lain. Sayang banget pengetahuan berharga buat kita hilang begitu saja... server kaskus sekarang suka brekele
Quote:Original Posted By gatot17
klo seat/jok tipe CBU tinggal tarik pita merah(lepas head rest dulu kmdian
lipat sandaran jok,realese handle ada di kiri untk jok kiri,di kanan utk jok kanan)
tarik pita merah...jegrek..bangku terlipat.
untuk jok non CBU (satu jok 3 baris jadi satu) putar knob/baut yg ada di kaki kiri-kanan. mtr suwun.


Quote:Original Posted By cakangkung
Untuk melipat, bukan tuas gan. Tapi tali dibelakang jok.
Biasanya warna merah


Quote:Original Posted By byuziwo
kl yg masi bu kan disamping ada tuasnya om..diputer aja buat nglipet sandaran jok.kl nglipet joknya tarik aja tali merah dubelakang jok om


TJ nya thn 2005 CVVT, klu gak salah ini yang CKD yah, kursinya panjang satu baris utk bertiga, saya tidak ada melihat ada tuas maupun tali merah di belakang jok, yang ada cuma knob/baut di kaki jok kiri kanan dan setelah saya lepas bisa kursi bisa diangkat tapi sandarannya masih tegak gak bisa dilipat, padahal saya cuma mau melipat sandarannya doang. Any help pls...?
Quote:Original Posted By v4g4
om tanya dunk

kemaren ane jalan kok tiba tiba beberapa kali mesin mati ya
di starter nomal lagi... tapi ga berapa lama mati lagi... dan berulang sampe beberapa kali... sebelomnya normal aja ga ada gejala aneh2x

untuk info: isa, coil, kabel busi, busi & pompa bensin sudah di ganti

kira@x apa ye om penyebabnya...


kemungkinan soket CKP nya gan
profile picture
Kaskus Addict #5330
Quote:Original Posted By vanrait
TJ nya thn 2005 CVVT, klu gak salah ini yang CKD yah, kursinya panjang satu baris utk bertiga, saya tidak ada melihat ada tuas maupun tali merah di belakang jok, yang ada cuma knob/baut di kaki jok kiri kanan dan setelah saya lepas bisa kursi bisa diangkat tapi sandarannya masih tegak gak bisa dilipat, padahal saya cuma mau melipat sandarannya doang. Any help pls...?


Sama seperti jawaban klonengan ane di atas...
coba cari tali warna merah adanya di sebelah kiri bawah. PASTI ada di situ, kecuali kalo ada orang iseng memotong tali tersebut gan.
Quote:Original Posted By aan bewok
kemungkinan soket CKP nya gan


ok deh om tar ane cek deh

thanks ye om
profile picture
Kaskus Addict #5332
Quote:Original Posted By vanrait
TJ nya thn 2005 CVVT, klu gak salah ini yang CKD yah, kursinya panjang satu baris utk bertiga, saya tidak ada melihat ada tuas maupun tali merah di belakang jok, yang ada cuma knob/baut di kaki jok kiri kanan dan setelah saya lepas bisa kursi bisa diangkat tapi sandarannya masih tegak gak bisa dilipat, padahal saya cuma mau melipat sandarannya doang. Any help pls...?


coba cek di samping sandarannya Om..
profile picture
Kaskus Addict #5333
Quote:Original Posted By gperkasa91
coba cek di samping sandarannya Om..


Gan... cerita soal TJ yang naik Bromo di mari dong...
Sekalian sama poto-potonya dong biar gagah
profile picture
Kaskus Holic #5334
RR Trackus, minta pendapat,

kemarin pas spooring, mobil diaikin saya ngolong ternyata ada rembesan oli matic

klo diliat2 cover body valve sih rapet, dulu waktu ganti solenoid pakai sealer mahal.... suspect dari baut pembuangan oli...

pas dicek dipstick dalam posisi mesin panas dan gear di posisi N, oli yg harusnya di posisi "HOT" ada di "COLD"
pantesan agak berat tarikannya

kira2 aman ga ya utk jln sktr 150km? sambil ninggu order ATF SP3 datang...
profile picture
Kaskus Holic #5335
Quote:Original Posted By arif_tyo
RR Trackus, minta pendapat,

kemarin pas spooring, mobil diaikin saya ngolong ternyata ada rembesan oli matic

klo diliat2 cover body valve sih rapet, dulu waktu ganti solenoid pakai sealer mahal.... suspect dari baut pembuangan oli...

pas dicek dipstick dalam posisi mesin panas dan gear di posisi N, oli yg harusnya di posisi "HOT" ada di "COLD"
pantesan agak berat tarikannya

kira2 aman ga ya utk jln sktr 150km? sambil ninggu order ATF SP3 datang...

untuk smntara ditambah dulu mas buat operasional,wira-wiri ke bengkel,
sampe batas "HOT".
olimatic sy pake -Idemitsu- sm spt yg dipakai bengkel HYUNDAI.
bedanya cuma gk ada tulisan SP III. harga per liter 62 ribuan di
TODA RACING. smga membantu. mtr nuwun.
Quote:Original Posted By gperkasa91
coba cek di samping sandarannya Om..


Sudah lumayan puas gan nyarinya di sekitar sisi-sisi jok tapi gak ketemu, harusnya itu langsung keliatan yah, apa rusak/dicopot yah sama pemilik sebelumnya
profile picture
Kaskus Holic #5337
Quote:Original Posted By iwakpitik
Sarana Auto
Pasar Mobil Kemayoran Tahap III Blok H/08
No. Telp. 65850162, 70766887
Ownernya namanya Ko. Ricky, He is nice person.

Kalo bisa masuk dari Pintu 7, begitu habis bayar karcis, langsung aja belok kiri, di sini cuma ada 2 toko, dia adanya di sebelah kanan. Parkirannya luas, krn begitu masuk PMK langsung ketemu tokonya.

Kualitas mekanik, belum bisa bicara banyak (karena baru pertama kali)
Dari testimoni kemarin, mobil saya ditangani dengan sangat baik, dalam arti si mekanik persis tahu apa yang dia kerjakan. Pede dan gak ada yang sulit pas ganti2 parts-nya... overall saya puas.

Yang jelas, toko ini jadi jujugan hampir semua komunitas klub mobil korea di samping persatuan dan sakura korea.

matur suwun Om Reza inponya. tambah lagi nih toko part yg bisa dikunjungi.
bravo!
profile picture
Kaskus Holic #5338
Quote:Original Posted By vanrait
Sudah lumayan puas gan nyarinya di sekitar sisi-sisi jok tapi gak ketemu, harusnya itu langsung keliatan yah, apa rusak/dicopot yah sama pemilik sebelumnya

waduh... bingun juga nih. mestinya tongkat reclain(buat nyenderin sandaran
kursi) jadi satu sm buat lipat sandaran jok,coba cek lagi.mtr suwun.
profile picture
Kaskus Addict #5339
Quote:Original Posted By gatot17
matur suwun Om Reza inponya. tambah lagi nih toko part yg bisa dikunjungi.
bravo!


Sama sekalian nambahin Eyang,
Montir atau teknisi di SA saya konfirmasikan ke ownernya mereka bukan cabutan, tidak berani ambil resiko dikomplain pelanggan Jadi mereka memang bekerja di SA, at least dengan demikian responsibility akan dipegang untuk menjaga nama baik.
profile picture
Kaskus Holic #5340
Quote:Original Posted By gatot17

untuk smntara ditambah dulu mas buat operasional,wira-wiri ke bengkel,
sampe batas "HOT".
olimatic sy pake -Idemitsu- sm spt yg dipakai bengkel HYUNDAI.
bedanya cuma gk ada tulisan SP III. harga per liter 62 ribuan di
TODA RACING. smga membantu. mtr nuwun.


tadi pulang kantor jalan 5km cek dipstick masih kena tulisan HOT tuh,,,jd bingung

waktu itu di bdg juga cek pagi2 kurang, meluncur ke bengkel hyundai A. Yani (ada stok SP3 6 liter), pas mau diisi loh kok masih di posisi HOT

jadi cara yg bener ngecek oli matic gimana ya?

  1. saat mesin dingin, panasin mobil, masukin ke semua gigi (P R N D 3 2 L) bbrp menit, lalu terakhir idle di N dan cek dipstick?... atau
  2. mobil dipake jalan dulu 1-2km lalu cari tempat datar, masukin ke N, lalu cek dipstick?


Mohon pemcerahan... trims

KASKUS Sign In

or Sign In with