Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vidybidyAvatar border
TS
vidybidy
TIPS visa UK (inggris)
hai, ane mau berbagi sedikit tips mengenai melamar visa inggris emoticon-Big Grin .. ane dapet dari temen ane yang udah sering melamar ke sana, jadi udah makan asam garam banget deh emoticon-Hammer nah, mungkin ada yang udah ditolak 3x, 5x, atau baru 1x.. semoga dengan ini dapat membantu menjawab pertanyaan2 singkat mengenai.. "kenapa sih visa gue ditolak?" "berapa sih uang yang harus gue punya di tabungan biar bisa masuk?" "kenapa sih harus ngisi sendiri formulirnya? ribet tau!". ane ngga buka tanya jawab lho ya, kalo temen ane tau, ane bs jawab. hanya mau berbagi emoticon-Big Grin

1. isilah formulir dengan jujur, untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan selanjutnya dari ECA (entry clearance assistant). usahakan mengisi sendiri, agar yakin kalau jawaban2 dari ratusan pertanyaan itu benar semua, untuk menghindari salah membuat statement.

2. jangan coba-coba input dokumen palsu. "palsuin bank statement ah, bilang aja punya 1,4 milyar." yang ada malah dibanned 10 taun ga boleh masuk UK.

3. untuk anak usia di bawah 18 tahun, masih dianggap anak2 oleh peraturan inggris, dan orang yang mendampinginya akan dicetak di visa (baik itu ortu, nenek, kakek, guru, atau tour guide). jadi jangan sampai kolom "people travelling with child under 18" dikosongkan, karena, bisa menyebabkan anda dapet interview lagi dari ECA. ga mau ribet kan?

4. untuk yang bener2 berniat business visit, lampirkan surat yang berisi undangan dari perusahaan di UK yang mengundang anda untuk pergi ke sana. sebisa mungkin jangan cuma melampirkan print-out email berisi percakapan "undangan" saja.. kemungkinan ditolak makin besar emoticon-Blue Guy Bata (S)

5. visa uk sangat mementingkan aspek bahwa anda tidak akan menetap, mencari kerja (jika anda hanya melamar visit visa) ataupun menjadi imigran gelap disana. oleh karena itu aspek finansial yang jelas dan uang yang cukup menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi keberhasilan anda melamar visa uk. pastikan anda melampirkan surat referensi perusahaan bahwa anda akan kembali ke indonesia segera setelah perjalanan tsb selesai, dan bahwa anda tidak akan menetap disana dan mencari pekerjaan. dan tidak ada batas yang pasti mengenai berapa jumlah uang yang harus anda miliki di rekening selama 3 bulan terakhir. yang jelas, bila anda tahu2 mentransfer uang berjumlah besar hanya agar rekening anda terlihat gemuk, padahal itu hanya pinjaman, siap2 lah mendapat telefon dari ECA. nyatakan penghasilan dengan jelas, uang secukupnya (well, sedikit lebih banyak dari cukup will be fine), dan tujuan yang jelas dan legal, anda bisa berangkat ke UK.


6. selain itu, adanya sponsor yang berjanji akan menanggung segala akomodasi anda bila anda kekurangan juga dapat membantu jika anda memiliki kondisi finansial yang kurang memadai. bila sponsor anda adalah teman anda, pastikan anda melampirkan surat dari sponsor yang selain berisi undangan, tapi juga menjelaskan sudah berapa lama ia mengenal anda, dimana anda bertemu, dst. namun, jangan salah mengisi kategori. jangan mengisi "family visitor" bila ia adalah teman anda, karena teman bukanlah family.


7. yang terakhir,bersabarlah. pengurusan visa memakan waktu yang tidak sebentar, terutama pada high season, dimana ada pelamar lain yang bisa mendapat paspornya kembali setelah 1 bulan. jika anda bersikeras mendatangi kedutaan atau VFS, belum tentu ada hasil yang bisa didapat, malah anda bisa rugi karena susah2 datang dan tidak ada hasil. atau, anda akan disuruh withdraw jika anda memaksa untuk mengambil paspor anda pada tanggal tertentu. rugi, kan, membayar tapi tidak mendapat apa-apa? kalau memang anda ingin mengajukan sebuah visa, tapi anda adalah orang super sibuk yang harus bepergian tiap minggu menggunakan paspor, nyatakan hal itu pada awal-awal waktu apply kepada pihak kedutaan / VFS. jika tidak, just be nice. ditolak atau tidaknya visa anda, berguna atau tidaknya uang yang anda bayarkan itu tergantung dari para ECO, dan jika anda tidak bisa berlaku baik ke mereka, bisa jadi mereka segan untuk memberi visa itu ke anda.


selamat mencoba!
0
6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.