[Share Info] Serba-Serbi Yamaha Mio [MKC] - Part 6

Closed
31 votes, 5 average.
Subscribe share: Twitter Facebook
profile picture
Kaskus Addict #2901
Quote:Original Posted By fitrahajah


yang boneng oms.. ntu motor baru 6 bulan tapi jarak tempuh udah 60rb km kali..
si oms bukanya service di dealer resmi terus ya..
bukan ada garansi.. lagipula 6 bulan kan masih service gratis ya oms.. dan setau ane sih harusnya belum ada yang diganti.. coba liat di buku service/manualnya..

emang ntu motor udah ga enak bener/ada masalah oms.. apa akal2an orang bengkelnya aja tuh...


Quote:Original Posted By ariwibowo_1986


dluan om fit..
ane lgi males2nya ngurusin motor nih..
gara2 duitnya abis bwat ngurusin mobil..



wow abisnya banyak juga yah
buset 6bln udh ganti seal klep
emg makenya sering di geber2 om??
kayanya si om udh diboongin sama beres nih
CMIIW




Quote:Original Posted By pseoudolukian


wow, ngeri om, baru 6 bulan udah kena CVT nya..

KM nya dah berapa tuh om, jangan dah 50 ++


Quote:Original Posted By cryptonix23


Waduh,.
itu udh brapa km om?
masa sih baru 6 bulan bisa begitu pdhal kn rutin service berkala..


Quote:Original Posted By NgkongKOiL


Ganti oli 2000-2500km (mesin stndar)
Ganti busi 8.000-10.000km



Tutup klep atas pakai selang ya? Bisa dari selang dan oring tutupklep atas/bawah udh lemah


Abis service besar mesin?
- Ganti saringan udara 30ribu
- Seal klep 20ribu
- Kampas rem depan 70ribu
- oli standart yamaha lube 30ribu
- servis ringan 30ribu atw Servis besar 70ribu (pilih salah satu)
- cek bagian CVT 30ribu
Total sekitar 250ribu
- komponen puli bagian belakang (gak tau namanya apa) Harus jelas part apa yg diganti?

525ribu-250ribu = 275ribu
Bwt perkiraan aja nich
Oring puly sekundar 4biji 100ribu
Roler 6biji 90ribu
Vbelt 70ribu
Grase cvt 15ribu

Silahkan cek lagi bonnya
Klo umur 6bulan (mio baru bukan 2nd) dan kilometer masih dibwh 5.000km ini kurang wajar








For All, Miong ane kan bulan 11 2011 kmrn, bner masih ada servis gratis dan kmrn itu servis gratis yang terakhir

KM nya baru 10rbu doang gan

ane servis di bengkel resmi di bengkel terbesar di tempat ane
ane juga marah2 dong, secara motor ane baru dan ane masih punya servis gratis. tapi kata dealernya garansi hanya untuk mesin, karbu, kelistrikan saja...

untuk komponen2 yang lain tidak ada

bneran sekarang ntu mtor ane cuci bersih trus ane kandangin di rumah..
nunggu kantong ane pulih dulu

oia yang di sebutin ama sepuh harga2nya udah bner, cuman komponen CVT yg ane ganti itu yang berupa mangkokan gtu, tapi itu juga bukan mangkok intinya, ibaratnya ceweannya doang gtu

ada 2 komponen besi gtu yang di ganti, yang satu kayak cewean mangkok gtu, yang satu lagi kayak model silinder kecil gtu.. kira2 ukuran diameter 5CM dan tinggi 6CM tebal 7MM... ane gak paham dah

mekaniknya sih bilang, itu karna ane suka nggas secara spontan dan suka ngebut, dan ane mang AMIN'in
profile picture
Kaskus Addict #2902
nih gan ane tadi cari dari google, ni gambar part yang bkin ane mahal bayar servisnya

ada 2 komponen, yang ane kasih no ya...

part 1 yang ane lingkarin katanya karna ane sering gas tiba2 lobangnya jadi oblak (ada kayak coakan gtu, jadinya lubangnya udah gak sesuai standart lagi gan)


part 2 yang ane lingkarin itu katanya akibat part 1 udah kecoak jadi pin yang ada di part 1 nabrak2 di part 2


Spoiler for MOHON DIANALISA PUH :matabelo


Uploaded with ImageShack.us






Baca2 Sumber Blognya dapet ilmu nih gan

CVT Motor Mio


Problem

Yamaha mio mengalami masalah, pas jalan angkatan awal bunyi cit,cit,cit, ditambah tenaganya drop, apalagi jika beban lebih misal ketika berboncengan atau bawa barang yang berat. Ini sangat mengganggu.

Solusi

Sebenarnya masalah tersebut terfokus pada distribusi tenaga, untuk Yamaha mio menggunakan system CVT, apabila system ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan beltnya,akan menyebabkan masalah seperti diatas. Penting untuk dilakukan adalah, setelah servis ringan 2x untuk yang ketiganya perlu cek kondisi CVT, terutama diberi vaselin atau gemuk. Bagian yang diberi vaselin atau gemuk adalah di bagian pulley primary dan secondary sheave.

Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan kerusakan komponen yang perlu diganti apabila CVT telat diberi vaselin atau gemuk, atau tidak di cek secara periodik. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar karena kerusakannya sistemik dan menyeluruh. kita bisa kelur biaya lebih dari Rp. 500.000,00.

GAMBARNYA SAMA KAYAK YANG DI ATAS

keterangan gambar: komponen sistem CVT yang diganti

Bagian yang harus diganti bila kerusakan sistemik adalah :

No

Nama spare part

Harga

1.V – belt = Rp.59.500

2.Set secondary = Rp.52.000

3.Seal felt/o ring (mio AL115S) = Rp.50.000

4.Weight (5MXI) atau roller (5buah) = Rp.78.000

5.Secondary sliding sheave (mio) = Rp.152.000

6.Grease CVT = Rp.9.000

7.Seal felt/oil seal (mio AL11) = Rp.50.000

8.Ongkos pekerjaan+servis = Rp.60.000


Pent : kerusakan tersebut belum yang kategori parah jadi ada bagian yang masih bisa dipakai, bila sudah parah lebih besar lagi biayanya.

Tu kan jadi boros!, itu akibatnya bila sepeda motor tidak dirawat secara berkala, jadi kalo rusak borongan, tentunya semua itu harus diserahkan dan didelegasikan kepada mekanik yang handal dan berpengalaman.

Terima kasih

Dadang Auto Champion


for sumber = http://auto-champion.blogspot.com/20...motor-mio.html
profile picture
Kaskus Addict #2903
Quote:Original Posted By Reliandy


semua motor kalo settingan terlalu kring jebol juga kali
cuman kalo dah nyetruk begini ribet nyari seher sama mst di ssuain dulu..ksananya mah sama aja kaya motor standar...
tp anehnya ko semakin tipis linernya oli malah lebih awet skrng di banding tigor kmaren
tp nih settingan gw juga kebasahan pj nya..bawahnya brebet sama kciaum bau bahan bakarnya...
td gw mau betot mantengin gas ga brani ngeri kejadian terulang kembali tp enak yah yg tadinya pada di samping gw tau" dah ga kliatan di spion



Quote:Original Posted By si.gendud















For All, Miong ane kan bulan 11 2011 kmrn, bner masih ada servis gratis dan kmrn itu servis gratis yang terakhir

KM nya baru 10rbu doang gan

ane servis di bengkel resmi di bengkel terbesar di tempat ane
ane juga marah2 dong, secara motor ane baru dan ane masih punya servis gratis. tapi kata dealernya garansi hanya untuk mesin, karbu, kelistrikan saja...

untuk komponen2 yang lain tidak ada

bneran sekarang ntu mtor ane cuci bersih trus ane kandangin di rumah..
nunggu kantong ane pulih dulu

oia yang di sebutin ama sepuh harga2nya udah bner, cuman komponen CVT yg ane ganti itu yang berupa mangkokan gtu, tapi itu juga bukan mangkok intinya, ibaratnya ceweannya doang gtu

ada 2 komponen besi gtu yang di ganti, yang satu kayak cewean mangkok gtu, yang satu lagi kayak model silinder kecil gtu.. kira2 ukuran diameter 5CM dan tinggi 6CM tebal 7MM... ane gak paham dah

mekaniknya sih bilang, itu karna ane suka nggas secara spontan dan suka ngebut, dan ane mang AMIN'in


Quote:Original Posted By si.gendud
nih gan ane tadi cari dari google, ni gambar part yang bkin ane mahal bayar servisnya

ada 2 komponen, yang ane kasih no ya...

part 1 yang ane lingkarin katanya karna ane sering gas tiba2 lobangnya jadi oblak (ada kayak coakan gtu, jadinya lubangnya udah gak sesuai standart lagi gan)


part 2 yang ane lingkarin itu katanya akibat part 1 udah kecoak jadi pin yang ada di part 1 nabrak2 di part 2


Spoiler for MOHON DIANALISA PUH :matabelo


Uploaded with ImageShack.us






Baca2 Sumber Blognya dapet ilmu nih gan

CVT Motor Mio


Problem

Yamaha mio mengalami masalah, pas jalan angkatan awal bunyi cit,cit,cit, ditambah tenaganya drop, apalagi jika beban lebih misal ketika berboncengan atau bawa barang yang berat. Ini sangat mengganggu.

Solusi

Sebenarnya masalah tersebut terfokus pada distribusi tenaga, untuk Yamaha mio menggunakan system CVT, apabila system ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan beltnya,akan menyebabkan masalah seperti diatas. Penting untuk dilakukan adalah, setelah servis ringan 2x untuk yang ketiganya perlu cek kondisi CVT, terutama diberi vaselin atau gemuk. Bagian yang diberi vaselin atau gemuk adalah di bagian pulley primary dan secondary sheave.

Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan kerusakan komponen yang perlu diganti apabila CVT telat diberi vaselin atau gemuk, atau tidak di cek secara periodik. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar karena kerusakannya sistemik dan menyeluruh. kita bisa kelur biaya lebih dari Rp. 500.000,00.

GAMBARNYA SAMA KAYAK YANG DI ATAS

keterangan gambar: komponen sistem CVT yang diganti

Bagian yang harus diganti bila kerusakan sistemik adalah :

No

Nama spare part

Harga

1.V – belt = Rp.59.500

2.Set secondary = Rp.52.000

3.Seal felt/o ring (mio AL115S) = Rp.50.000

4.Weight (5MXI) atau roller (5buah) = Rp.78.000

5.Secondary sliding sheave (mio) = Rp.152.000

6.Grease CVT = Rp.9.000

7.Seal felt/oil seal (mio AL11) = Rp.50.000

8.Ongkos pekerjaan+servis = Rp.60.000


Pent : kerusakan tersebut belum yang kategori parah jadi ada bagian yang masih bisa dipakai, bila sudah parah lebih besar lagi biayanya.

Tu kan jadi boros!, itu akibatnya bila sepeda motor tidak dirawat secara berkala, jadi kalo rusak borongan, tentunya semua itu harus diserahkan dan didelegasikan kepada mekanik yang handal dan berpengalaman.

Terima kasih

Dadang Auto Champion


for sumber = http://auto-champion.blogspot.com/20...motor-mio.html


Siang MKC... lagi pada bahas apa hari ini om....ratjoen kah...
profile picture
Kaskus Addict #2904
Quote:Original Posted By Reliandy

td gw mau betot mantengin gas ga brani ngeri kejadian terulang kembali tp enak yah yg tadinya pada di samping gw tau" dah ga kliatan di spion

bejek terus ho,..biar jebol maning

Quote:Original Posted By kastabalap

ada om2 yg tau material boring yg cocok ga...?

kenapa ga pake boringan diesel om

Quote:Original Posted By ariwibowo_1986

wow ada mengincar akika
walah blom pernah SU..gaya lo dul..skrng pake spek apaan lo yos??

baek2 ditusbol ente om,.. speknya yosa kasih tau ga ya yg jelas dikit lagi bubar jalan itu mah


Quote:Original Posted By TREECHADA
boos mau tanya nih saya udah baca serba serbi shock yss, tapi masih bingung yang pro-Z atau Z series ya??, kalo rekomendasi agan2 sebaiknya pake mana kalo buat harian?? yang pasti jalanan surabaya banyak yang ga rata hehe, ane ud tanya2 ke bengkel tapi kata bengkelnya semakin mahal semakin empuk, ane jadi bingung, kan harga itu bukan penentu keempukan shock CMIIW, kalo menurut agan2 disini gimana ya?

lebih bagus Z series drpd pro z sih setelah ane coba2 ya,..tp masalahnya price list z series/unit bisa dpt pro z 2 unit tuh,..CMIIW


Quote:Original Posted By si.gendud

For All, Miong ane kan bulan 11 2011 kmrn, bner masih ada servis gratis dan kmrn itu servis gratis yang terakhir
KM nya baru 10rbu doang gan
ane servis di bengkel resmi di bengkel terbesar di tempat ane
ane juga marah2 dong, secara motor ane baru dan ane masih punya servis gratis. tapi kata dealernya garansi hanya untuk mesin, karbu, kelistrikan saja...
untuk komponen2 yang lain tidak ada
bneran sekarang ntu mtor ane cuci bersih trus ane kandangin di rumah..
nunggu kantong ane pulih dulu
oia yang di sebutin ama sepuh harga2nya udah bner, cuman komponen CVT yg ane ganti itu yang berupa mangkokan gtu, tapi itu juga bukan mangkok intinya, ibaratnya ceweannya doang gtu
ada 2 komponen besi gtu yang di ganti, yang satu kayak cewean mangkok gtu, yang satu lagi kayak model silinder kecil gtu.. kira2 ukuran diameter 5CM dan tinggi 6CM tebal 7MM... ane gak paham dah
mekaniknya sih bilang, itu karna ane suka nggas secara spontan dan suka ngebut, dan ane mang AMIN'in

pasti ente komplain ke dealernya ya,kl mw komplain itu ke CS yamaha dl,..kl mslh seperti itu sih sepele om,..ane dl rontok sendiri tuh cvt padahal baru 2450 km,..tp diganti cvt set unit tuh,..ane rontok cvt set 2 kali terakhir diganti sama krukas2nya,..kasarannya mio ane cacat pabrik,..kl ente cacat cara bawa motornya tuh,,...
profile picture
Kaskus Donator #2905
Quote:Original Posted By Reliandy


semua motor kalo settingan terlalu kring jebol juga kali
cuman kalo dah nyetruk begini ribet nyari seher sama mst di ssuain dulu..ksananya mah sama aja kaya motor standar...
tp anehnya ko semakin tipis linernya oli malah lebih awet skrng di banding tigor kmaren
tp nih settingan gw juga kebasahan pj nya..bawahnya brebet sama kciaum bau bahan bakarnya...
td gw mau betot mantengin gas ga brani ngeri kejadian terulang kembali tp enak yah yg tadinya pada di samping gw tau" dah ga kliatan di spion



Quote:Original Posted By kastabalap


Weits...besar jg lho 18dk buat harian. om bayangin deh...itu mio ditarik kuda 18 ekor...kalah dah kreta cinderella...
nuvoz ditarget naik brp dk om..? pgn liat kl pas dyno di BM.

Geser big end aj om...asal yg ngerjainnya rapi...pasti awet. Lagipula bisa pake pen big end yg lebih kecil...jd bs digeser lebih maju..tp tepi daun kruk asnya masih tebal...jd awet...jgn lupa pake parts2 yg berkualitas...karena kl nanti pen sudah dikunci pake argon bakal susah buka nya.

Ane msh pake hi-speed 66mm buat mio ane...sdh jalan 6rb km blm ada masalah. oh ya...kl ga salah...hi speed itu punya 3 line up yg masuk ke indonesia, cast piston biasa, cast piston tp badannya mirip forged (dinding pistonnya kecil) & forged piston.

Kl om mo pake forged piston (merk apapun).., dr pengalaman ane agak rawan macet karena kita ga punya material boring yg cocok dgn forged piston...sehingga pemuaian piston & boring ga seimbang...entah pistonnya memuai duluan atau boring yg memuai duluan. solusi sementara ini msh pake cara tradisional...yaitu:amplas badan piston atau clearancenya dilonggarkan dikit. skrg msh cr material boring yg cocok...tp blm nemu..!! ada om2 yg tau material boring yg cocok ga...?






Kuncinya (entah bubut blok-kop, tambah ganjal kl di SU...) selama modifikasi itu mengubah jarak noken & kruk as ..posisi nol kem hrs dikalibrasi & disesuaikan dengan TMA. entah itu cm geser mata rantai, pake gear noken yg adjustable, atau setel dr gear sentrik..
kl ttg panjang pendeknya rantai...bisa ditambah ato dipotong...yg penting ketegangannya stabil (jd tensioner harus diperhartikan...)...kl smp kendur...ehm....silakan dikira2 sendiri deh...


Quote:Original Posted By IrawanZpriyo


hehe ane mah gak riset om,. capek di duitnya
nanti pasti di share dimari kok om..



hehe iya sih,., makanya ini sambil dipertimbangkan sambil nyari2 duitnya juga om,..lagipula ntar mau skalian baliknama aja tuh nupo nya..
ya nanti sambil dirundingkan ama mekanik ane dulu deh,.,ditampung semua masukannya...



jangan om,., ntar malah jadi pembalap nanti emak ane



iya om,. baca2 artikel juga gitu,. pake forged rawan macet kecuali mau pake boring yang sesuai ama pistonnya,., atau celahnya dibikin agak longgar, tapi rawan juga kompresi bocor ,.,

om pake hi-speed juga? pake hi-speed 66 stroke standar yah om? pake yg forged atau yg "semi" forged?

ijin malingtas dulu mau kuliah :


Quote:Original Posted By ariwibowo_1986


udah di porting lgi lah..masa seher gede + stroke panjang masih aja ngandelin porting kecil cui..
mending di borosin lgi lah drpd jebol maning



wow ada mengincar akika
walah blom pernah SU..gaya lo dul..skrng pake spek apaan lo yos??


Quote:Original Posted By TREECHADA
boos mau tanya nih saya udah baca serba serbi shock yss, tapi masih bingung yang pro-Z atau Z series ya??, kalo rekomendasi agan2 sebaiknya pake mana kalo buat harian?? yang pasti jalanan surabaya banyak yang ga rata hehe, ane ud tanya2 ke bengkel tapi kata bengkelnya semakin mahal semakin empuk, ane jadi bingung, kan harga itu bukan penentu keempukan shock CMIIW, kalo menurut agan2 disini gimana ya?


Quote:Original Posted By si.gendud















For All, Miong ane kan bulan 11 2011 kmrn, bner masih ada servis gratis dan kmrn itu servis gratis yang terakhir

KM nya baru 10rbu doang gan

ane servis di bengkel resmi di bengkel terbesar di tempat ane
ane juga marah2 dong, secara motor ane baru dan ane masih punya servis gratis. tapi kata dealernya garansi hanya untuk mesin, karbu, kelistrikan saja...

untuk komponen2 yang lain tidak ada

bneran sekarang ntu mtor ane cuci bersih trus ane kandangin di rumah..
nunggu kantong ane pulih dulu

oia yang di sebutin ama sepuh harga2nya udah bner, cuman komponen CVT yg ane ganti itu yang berupa mangkokan gtu, tapi itu juga bukan mangkok intinya, ibaratnya ceweannya doang gtu

ada 2 komponen besi gtu yang di ganti, yang satu kayak cewean mangkok gtu, yang satu lagi kayak model silinder kecil gtu.. kira2 ukuran diameter 5CM dan tinggi 6CM tebal 7MM... ane gak paham dah

mekaniknya sih bilang, itu karna ane suka nggas secara spontan dan suka ngebut, dan ane mang AMIN'in


Quote:Original Posted By si.gendud
nih gan ane tadi cari dari google, ni gambar part yang bkin ane mahal bayar servisnya

ada 2 komponen, yang ane kasih no ya...

part 1 yang ane lingkarin katanya karna ane sering gas tiba2 lobangnya jadi oblak (ada kayak coakan gtu, jadinya lubangnya udah gak sesuai standart lagi gan)


part 2 yang ane lingkarin itu katanya akibat part 1 udah kecoak jadi pin yang ada di part 1 nabrak2 di part 2


Spoiler for MOHON DIANALISA PUH :matabelo


Uploaded with ImageShack.us






Baca2 Sumber Blognya dapet ilmu nih gan

CVT Motor Mio


Problem

Yamaha mio mengalami masalah, pas jalan angkatan awal bunyi cit,cit,cit, ditambah tenaganya drop, apalagi jika beban lebih misal ketika berboncengan atau bawa barang yang berat. Ini sangat mengganggu.

Solusi

Sebenarnya masalah tersebut terfokus pada distribusi tenaga, untuk Yamaha mio menggunakan system CVT, apabila system ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan beltnya,akan menyebabkan masalah seperti diatas. Penting untuk dilakukan adalah, setelah servis ringan 2x untuk yang ketiganya perlu cek kondisi CVT, terutama diberi vaselin atau gemuk. Bagian yang diberi vaselin atau gemuk adalah di bagian pulley primary dan secondary sheave.

Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan kerusakan komponen yang perlu diganti apabila CVT telat diberi vaselin atau gemuk, atau tidak di cek secara periodik. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar karena kerusakannya sistemik dan menyeluruh. kita bisa kelur biaya lebih dari Rp. 500.000,00.

GAMBARNYA SAMA KAYAK YANG DI ATAS

keterangan gambar: komponen sistem CVT yang diganti

Bagian yang harus diganti bila kerusakan sistemik adalah :

No

Nama spare part

Harga

1.V – belt = Rp.59.500

2.Set secondary = Rp.52.000

3.Seal felt/o ring (mio AL115S) = Rp.50.000

4.Weight (5MXI) atau roller (5buah) = Rp.78.000

5.Secondary sliding sheave (mio) = Rp.152.000

6.Grease CVT = Rp.9.000

7.Seal felt/oil seal (mio AL11) = Rp.50.000

8.Ongkos pekerjaan+servis = Rp.60.000


Pent : kerusakan tersebut belum yang kategori parah jadi ada bagian yang masih bisa dipakai, bila sudah parah lebih besar lagi biayanya.

Tu kan jadi boros!, itu akibatnya bila sepeda motor tidak dirawat secara berkala, jadi kalo rusak borongan, tentunya semua itu harus diserahkan dan didelegasikan kepada mekanik yang handal dan berpengalaman.

Terima kasih

Dadang Auto Champion


for sumber = http://auto-champion.blogspot.com/20...motor-mio.html


Quote:Original Posted By Rufio_437






Siang MKC... lagi pada bahas apa hari ini om....ratjoen kah...


keong_________________________
profile picture
Kaskus Addict #2906
Quote:Original Posted By Rufio_437

Siang MKC... lagi pada bahas apa hari ini om....ratjoen kah...


iya nih pm bahas racun kantong


Quote:Original Posted By rey98

pasti ente komplain ke dealernya ya,kl mw komplain itu ke CS yamaha dl,..kl mslh seperti itu sih sepele om,..ane dl rontok sendiri tuh cvt padahal baru 2450 km,..tp diganti cvt set unit tuh,..ane rontok cvt set 2 kali terakhir diganti sama krukas2nya,..kasarannya mio ane cacat pabrik,..kl ente cacat cara bawa motornya tuh,,...



lah mang kalo complain ke CS itu beda ya..?
tau gmn prosedurnya gak gan

ente tapi gretongan gtu ganti CVT nya
nyesek juga ya make matic, mang harus di racunin dulu kali nih ya


Quote:Original Posted By kucluksz

keong_________________________



wah ada sepuh

profile picture
Kaskus Maniac #2907
Quote:Original Posted By IrawanZpriyo


hehe ane mah gak riset om,. capek di duitnya
nanti pasti di share dimari kok om..



hehe iya sih,., makanya ini sambil dipertimbangkan sambil nyari2 duitnya juga om,..lagipula ntar mau skalian baliknama aja tuh nupo nya..
ya nanti sambil dirundingkan ama mekanik ane dulu deh,.,ditampung semua masukannya...



jangan om,., ntar malah jadi pembalap nanti emak ane



iya om,. baca2 artikel juga gitu,. pake forged rawan macet kecuali mau pake boring yang sesuai ama pistonnya,., atau celahnya dibikin agak longgar, tapi rawan juga kompresi bocor ,.,

om pake hi-speed juga? pake hi-speed 66 stroke standar yah om? pake yg forged atau yg "semi" forged?

ijin malingtas dulu mau kuliah :


udah om hajar aja geser big end 8mm naek turun 16 seher LHK os 4.00..
mau ngudak jet juga tinggal colek grip gas..
Quote:Original Posted By ariwibowo_1986


udah di porting lgi lah..masa seher gede + stroke panjang masih aja ngandelin porting kecil cui..
mending di borosin lgi lah drpd jebol maning



wow ada mengincar akika
walah blom pernah SU..gaya lo dul..skrng pake spek apaan lo yos??

gw sih maunya begitu..waktunya susah skrng mamen
Quote:Original Posted By TREECHADA
boos mau tanya nih saya udah baca serba serbi shock yss, tapi masih bingung yang pro-Z atau Z series ya??, kalo rekomendasi agan2 sebaiknya pake mana kalo buat harian?? yang pasti jalanan surabaya banyak yang ga rata hehe, ane ud tanya2 ke bengkel tapi kata bengkelnya semakin mahal semakin empuk, ane jadi bingung, kan harga itu bukan penentu keempukan shock CMIIW, kalo menurut agan2 disini gimana ya?

mending sklian yg bagus aja..Z series aja om
pro Z keras om..kalo mau yss hybrid yg baru harga terjangkau tp lebih enak dibanding pro z..cmiiw tp kalo ada dana lebih yah z series...
Quote:Original Posted By si.gendud
nih gan ane tadi cari dari google, ni gambar part yang bkin ane mahal bayar servisnya

ada 2 komponen, yang ane kasih no ya...

part 1 yang ane lingkarin katanya karna ane sering gas tiba2 lobangnya jadi oblak (ada kayak coakan gtu, jadinya lubangnya udah gak sesuai standart lagi gan)


part 2 yang ane lingkarin itu katanya akibat part 1 udah kecoak jadi pin yang ada di part 1 nabrak2 di part 2


Spoiler for MOHON DIANALISA PUH :matabelo


Uploaded with ImageShack.us






Baca2 Sumber Blognya dapet ilmu nih gan

CVT Motor Mio


Problem

Yamaha mio mengalami masalah, pas jalan angkatan awal bunyi cit,cit,cit, ditambah tenaganya drop, apalagi jika beban lebih misal ketika berboncengan atau bawa barang yang berat. Ini sangat mengganggu.

Solusi

Sebenarnya masalah tersebut terfokus pada distribusi tenaga, untuk Yamaha mio menggunakan system CVT, apabila system ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan beltnya,akan menyebabkan masalah seperti diatas. Penting untuk dilakukan adalah, setelah servis ringan 2x untuk yang ketiganya perlu cek kondisi CVT, terutama diberi vaselin atau gemuk. Bagian yang diberi vaselin atau gemuk adalah di bagian pulley primary dan secondary sheave.

Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan kerusakan komponen yang perlu diganti apabila CVT telat diberi vaselin atau gemuk, atau tidak di cek secara periodik. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar karena kerusakannya sistemik dan menyeluruh. kita bisa kelur biaya lebih dari Rp. 500.000,00.

GAMBARNYA SAMA KAYAK YANG DI ATAS

keterangan gambar: komponen sistem CVT yang diganti

Bagian yang harus diganti bila kerusakan sistemik adalah :

No

Nama spare part

Harga

1.V – belt = Rp.59.500

2.Set secondary = Rp.52.000

3.Seal felt/o ring (mio AL115S) = Rp.50.000

4.Weight (5MXI) atau roller (5buah) = Rp.78.000

5.Secondary sliding sheave (mio) = Rp.152.000

6.Grease CVT = Rp.9.000

7.Seal felt/oil seal (mio AL11) = Rp.50.000

8.Ongkos pekerjaan+servis = Rp.60.000


Pent : kerusakan tersebut belum yang kategori parah jadi ada bagian yang masih bisa dipakai, bila sudah parah lebih besar lagi biayanya.

Tu kan jadi boros!, itu akibatnya bila sepeda motor tidak dirawat secara berkala, jadi kalo rusak borongan, tentunya semua itu harus diserahkan dan didelegasikan kepada mekanik yang handal dan berpengalaman.

Terima kasih

Dadang Auto Champion


for sumber = http://auto-champion.blogspot.com/20...motor-mio.html

owh yah pantes aja sliding shavenya growak begitu
smakin buruk kualitas bahan pulleynya yah skrng gak kuat lama padahal dengan KM segitu harusnya ga bikin sampe sebegitunya,walaupun cara bawa yg extreme yah se extrem apa sih mesin mio standar....tp buat pelajaran si om juga kurangin cara gaya bawa mtornya jangan sperti itu lagi..emang ga baik kalo ksringan di bentak selain umur mesin mmpengaruhi peranti CVT juga hrus..dan minimal 8000km secara berkala CVT di greasin biar ga kring..kalo dah kring dibiarkan gitu aja dengan cara pake sprti itu pastinya akan mmpercepat krusakan CVT tersebut...tp kalo liat dari harga partnya harganya tidak dileih"in..hampir ssuai sama harga di webnya
itu roller+belt di ganti
emang roller udah peyang...belt KM segitu belom wajib ganti..belt umurnya ampe 25000km om..cmiiw

Quote:Original Posted By Rufio_437






Siang MKC... lagi pada bahas apa hari ini om....ratjoen kah...

makan dulu sana ada tai ayam special tuuh...
Quote:Original Posted By TREECHADA
boos mau tanya nih saya udah baca serba serbi shock yss, tapi masih bingung yang pro-Z atau Z series ya??, kalo rekomendasi agan2 sebaiknya pake mana kalo buat harian?? yang pasti jalanan surabaya banyak yang ga rata hehe, ane ud tanya2 ke bengkel tapi kata bengkelnya semakin mahal semakin empuk, ane jadi bingung, kan harga itu bukan penentu keempukan shock CMIIW, kalo menurut agan2 disini gimana ya?


Quote:Original Posted By rey98


lebih bagus Z series drpd pro z sih setelah ane coba2 ya,..tp masalahnya price list z series/unit bisa dpt pro z 2 unit tuh,..CMIIW



Thanks bang Rey, ane tampung masukannya, nunggu masukan yang lain biar objective hehe
Quote:Original Posted By kastabalap
Kl klep tetep ori ya om...? Noken ori jg ato custom..?Karbu ori+jetting..?

Kl ketiga parts itu ori smua...jelas berat atasnya om..tarikannya aj yg cepet..paling smp 60-70 kenceng...masuk 80 keatas....berat banget.. Itu karena gas speednya tinggi (krn uk.klep kecil) tp flow nya kurang besar, sehingga om dapet torsinya doang. Kl mau memperbesar flow, alternatifnya: porting..., ubah noken dgn lift lbh tinggi, ganti klep besar (atau kombinasinya). Ttg brebetnya itu, bs karena byk hal....tp cek dl deh warna businya..spt biasa hrs merah mata (ato coklat muda gt lah...msh masuk akal). kl hitam, berarti jetting terlalu kaya, kl putih kurang bensinnya.
Intinya BU itu hrs liat mesin sbg 1 sistem, jd ubahan di satu sektor, akan berpengaruh pada sektor lain...begitu kira2 om...kali aj om2 lain punya ilmu yg beda...ane cm nubie jg neh..

halah...dewa opo.. Bukan kelemahan mio-j jg seh...kl bini ane malah itu kelebihan mio-j...irit seh katanya...tp buat yg seneng tarikan cepat spt om...bs dibilang cacat pabrik tuh....
Sdh beres nuvoz nya om...?


Klep ori, noken as K1 gan ... ganti klep itu gimana ya gan? yang harus dilakuin apa? yang ane maksud ndet - ndettan tu wkt di gas, tiba2 gasnya ndet2an gitu .. tp tanpa getaran ..


Quote:Original Posted By vikrysal
setuju sama om ini membesarkan seher fungsinya menambah volume ledakan di ruang bakar... jika tidak di rubah pasokan masuk bahan bakarnya tentu akan loyo pada rpm tinggi ,, karena pada rpm tinggi lebih banyak terjadi ledakan. tapi jika pasokan bahan bakar kurang maka ledakan yg terjadi kecil dan itu ngga cukup untuk nendang seher bergerak lebih cepat. CMIIW
solusi :
1. porting polish
2. jetting
3. kalo masih ada duit rubah durasi sama lift noken as .


Bisa lebih lengkap gak gan? jadi ane bisa ngomong ke mekaniknya lebih detail .. thanks buat infonya gan
kaskus kekenyangan .. sory
profile picture
Kaskus Maniac #2911
Quote:Original Posted By rey98

bejek terus ho,..biar jebol maning


kenapa ga pake boringan diesel om


baek2 ditusbol ente om,.. speknya yosa kasih tau ga ya yg jelas dikit lagi bubar jalan itu mah



lebih bagus Z series drpd pro z sih setelah ane coba2 ya,..tp masalahnya price list z series/unit bisa dpt pro z 2 unit tuh,..CMIIW



pasti ente komplain ke dealernya ya,kl mw komplain itu ke CS yamaha dl,..kl mslh seperti itu sih sepele om,..ane dl rontok sendiri tuh cvt padahal baru 2450 km,..tp diganti cvt set unit tuh,..ane rontok cvt set 2 kali terakhir diganti sama krukas2nya,..kasarannya mio ane cacat pabrik,..kl ente cacat cara bawa motornya tuh,,...

owh ya donk gw bejek terus skrng mah....
ga enak ah sama yg lain ntar di sangka ngajak balap kalo di geber trus...
Quote:Original Posted By kucluksz
















keong_________________________


pagi ho
mana si qq di sms kagak bales
.............
profile picture
Kaskus Addict #2913
Quote:Original Posted By Reliandy

owh yah pantes aja sliding shavenya growak begitu
smakin buruk kualitas bahan pulleynya yah skrng gak kuat lama padahal dengan KM segitu harusnya ga bikin sampe sebegitunya,walaupun cara bawa yg extreme yah se extrem apa sih mesin mio standar....tp buat pelajaran si om juga kurangin cara gaya bawa mtornya jangan sperti itu lagi..emang ga baik kalo ksringan di bentak selain umur mesin mmpengaruhi peranti CVT juga hrus..dan minimal 8000km secara berkala CVT di greasin biar ga kring..kalo dah kring dibiarkan gitu aja dengan cara pake sprti itu pastinya akan mmpercepat krusakan CVT tersebut...tp kalo liat dari harga partnya harganya tidak dileih"in..hampir ssuai sama harga di webnya
itu roller+belt di ganti
emang roller udah peyang...belt KM segitu belom wajib ganti..belt umurnya ampe 25000km om..cmiiw





abis gmn puh, asal udah nemplok di motor pantat ane, trus tangan ane udah di gas, jiwa pembalap ane langsung kluar, sampe lupa ama smuanya, makanya main tarik2 gas aja


ane gak ganti roller ama beltnya kok gan, tapi sempet di saranin bwat ganti beltnya juga, cuman anenya gak mau, cuman ane suruh kasih grace aja

bisa abis 650k tuh kalo ganti belt juga

Belt 70k + masang 25k, mahal banget ya biaya pasang part di bengkel resmi padahal kalo di luar cuman di kasih uang rokok aja sama di senyum2 dikit
sumpah bukan mo ngejunk
profile picture
Kaskus Maniac #2915
Quote:Original Posted By si.gendud





abis gmn puh, asal udah nemplok di motor pantat ane, trus tangan ane udah di gas, jiwa pembalap ane langsung kluar, sampe lupa ama smuanya, makanya main tarik2 gas aja


ane gak ganti roller ama beltnya kok gan, tapi sempet di saranin bwat ganti beltnya juga, cuman anenya gak mau, cuman ane suruh kasih grace aja

bisa abis 650k tuh kalo ganti belt juga

Belt 70k + masang 25k, mahal banget ya biaya pasang part di bengkel resmi padahal kalo di luar cuman di kasih uang rokok aja sama di senyum2 dikit

owh kirain di ganti juga..
kalo lagi dalem posisi service CVT ga mungkin mereka nagihin buat bongkar pasang bltnya,..pastinya dah jadi satu ksatuan di saat service CVT..kcuali emang niatnya cmn ganti belt posisi CVT masih lengkap belom di bongkar baru kena ongkos lagi..cmiiw
lagian kalo cuman ganti belt mah gampang bongkar sndiri aja,siapin obeng konci 8,sama shock 17 juga dah bisa ganti belt...cmiiw
Quote:Original Posted By vikrysal

saya pernah pake ngga mentok om ....
maap ya TS ngga multicrot lagi error koneksinya


Quote:Original Posted By Reliandy

ban 100/80 sepertinya mentok om
ngakalin biar ban ga mentok shock...bisa dengan cara ganjel ass rodanya dengan ring ketebelannya skitar 3mm an om...tujuannya agar velg lebih maju dikit..cmiiw

hem jadi bingung nih ada dua pendapat
om kalo di kasih ganjel di ass roda, berarti velg depan sama velg belakang ga segaris lagi dong ya?
bener ga sih ane?
profile picture
Kaskus Addict #2917
Siang MKC


Numpang menyimak cerita memanjangkan yg pendek aja dimari...


Om kodok mana yah? ga nongol2 nih...
Quote:Original Posted By raachmat



"thanks gan. kalau untuk perawatan mio itu gimana biar enak di pake. ane bingung apanya aja.


Untuk servic mesin stndar aja sama kaya motor2 lain
Special di service cvtnya tiap 8000km dibersihkan dan diberi gemuk biar awet
Klo klo pertama kali kena masalah cvt pasti kaget

Quote:Original Posted By kastabalap


Heleh...risetnya masih jauuuhhhhhhhhhhhhhhh.......duitnya yg sdh bobol duluan.....



Bahan boring yamaha om...spesial buat piston forged spt bawaan mio-j, mx, vixion itu. Lbh awet katanya...(iya ga seh...?)



Malem kong...!! Kangen....



Boleh tau selain pake kit 58,5mm...apa aj yg diubah ya om..?


Kangen

Quote:Original Posted By si.gendud


For All, Miong ane kan bulan 11 2011 kmrn, bner masih ada servis gratis dan kmrn itu servis gratis yang terakhir

KM nya baru 10rbu doang gan

ane servis di bengkel resmi di bengkel terbesar di tempat ane
ane juga marah2 dong, secara motor ane baru dan ane masih punya servis gratis. tapi kata dealernya garansi hanya untuk mesin, karbu, kelistrikan saja...

untuk komponen2 yang lain tidak ada

bneran sekarang ntu mtor ane cuci bersih trus ane kandangin di rumah..
nunggu kantong ane pulih dulu

oia yang di sebutin ama sepuh harga2nya udah bner, cuman komponen CVT yg ane ganti itu yang berupa mangkokan gtu, tapi itu juga bukan mangkok intinya, ibaratnya ceweannya doang gtu

ada 2 komponen besi gtu yang di ganti, yang satu kayak cewean mangkok gtu, yang satu lagi kayak model silinder kecil gtu.. kira2 ukuran diameter 5CM dan tinggi 6CM tebal 7MM... ane gak paham dah

mekaniknya sih bilang, itu karna ane suka nggas secara spontan dan suka ngebut, dan ane mang AMIN'in


Quote:Original Posted By si.gendud
nih gan ane tadi cari dari google, ni gambar part yang bkin ane mahal bayar servisnya

ada 2 komponen, yang ane kasih no ya...

part 1 yang ane lingkarin katanya karna ane sering gas tiba2 lobangnya jadi oblak (ada kayak coakan gtu, jadinya lubangnya udah gak sesuai standart lagi gan)


part 2 yang ane lingkarin itu katanya akibat part 1 udah kecoak jadi pin yang ada di part 1 nabrak2 di part 2


Spoiler for MOHON DIANALISA PUH :matabelo


Uploaded with ImageShack.us






Baca2 Sumber Blognya dapet ilmu nih gan

CVT Motor Mio


Problem

Yamaha mio mengalami masalah, pas jalan angkatan awal bunyi cit,cit,cit, ditambah tenaganya drop, apalagi jika beban lebih misal ketika berboncengan atau bawa barang yang berat. Ini sangat mengganggu.

Solusi

Sebenarnya masalah tersebut terfokus pada distribusi tenaga, untuk Yamaha mio menggunakan system CVT, apabila system ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan beltnya,akan menyebabkan masalah seperti diatas. Penting untuk dilakukan adalah, setelah servis ringan 2x untuk yang ketiganya perlu cek kondisi CVT, terutama diberi vaselin atau gemuk. Bagian yang diberi vaselin atau gemuk adalah di bagian pulley primary dan secondary sheave.

Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan kerusakan komponen yang perlu diganti apabila CVT telat diberi vaselin atau gemuk, atau tidak di cek secara periodik. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar karena kerusakannya sistemik dan menyeluruh. kita bisa kelur biaya lebih dari Rp. 500.000,00.

GAMBARNYA SAMA KAYAK YANG DI ATAS

keterangan gambar: komponen sistem CVT yang diganti

Bagian yang harus diganti bila kerusakan sistemik adalah :

No

Nama spare part

Harga

1.V – belt = Rp.59.500

2.Set secondary = Rp.52.000

3.Seal felt/o ring (mio AL115S) = Rp.50.000

4.Weight (5MXI) atau roller (5buah) = Rp.78.000

5.Secondary sliding sheave (mio) = Rp.152.000

6.Grease CVT = Rp.9.000

7.Seal felt/oil seal (mio AL11) = Rp.50.000

8.Ongkos pekerjaan+servis = Rp.60.000


Pent : kerusakan tersebut belum yang kategori parah jadi ada bagian yang masih bisa dipakai, bila sudah parah lebih besar lagi biayanya.

Tu kan jadi boros!, itu akibatnya bila sepeda motor tidak dirawat secara berkala, jadi kalo rusak borongan, tentunya semua itu harus diserahkan dan didelegasikan kepada mekanik yang handal dan berpengalaman.

Terima kasih

Dadang Auto Champion


for sumber = http://auto-champion.blogspot.com/20...motor-mio.html


Jam terbangnya termasuk tinggi ya 6 bulan tembus 10ribu km
Itu foto2 sliding shevenya yg nempel dimionya? Parah amat coakannya ampe kaya gitu
Biasanya klo mio sering dipanteng 60-80kpj jdi cepet coak slidingnya krna pin guide ga bisa mentok sampe atas
Alhasil krna gerakannya disitu2 aja jdi yg tengah paling sering digesek gesek

Semua harga partnya wajar dan memang perlu diganti klo liat kerusakannya. Didiemin nanti merembet ke yg lain






*Nemu internet lagi

About Mi0-J

Mio-J punya ane(standart), sempet tes akselerasi lg td malem.
0-60 kmpj terasa akselerasinya TP pas 60kmpj ke atas berasa berat bangeet,.malah ane cuma sempet dapet 80kmpj dong berat banget super ngeden ,.
profile picture
Kaskus Addict #2920
Quote:Original Posted By t h e u s e d



hem jadi bingung nih ada dua pendapat
om kalo di kasih ganjel di ass roda, berarti velg depan sama velg belakang ga segaris lagi dong ya?
bener ga sih ane?


yup's bener banget, coba cek penjelasan om om dibawah

Quote:Original Posted By 6294vilori
Siang MKC


Numpang menyimak cerita memanjangkan yg pendek aja dimari...


Om kodok mana yah? ga nongol2 nih...


om kedinginan ujan2an

Quote:Original Posted By SiNgkoNgMetal


Untuk servic mesin stndar aja sama kaya motor2 lain
Special di service cvtnya tiap 8000km dibersihkan dan diberi gemuk biar awet
Klo klo pertama kali kena masalah cvt pasti kaget



Kangen





Jam terbangnya termasuk tinggi ya 6 bulan tembus 10ribu km
Itu foto2 sliding shevenya yg nempel dimionya? Parah amat coakannya ampe kaya gitu
Biasanya klo mio sering dipanteng 60-80kpj jdi cepet coak slidingnya krna pin guide ga bisa mentok sampe atas
Alhasil krna gerakannya disitu2 aja jdi yg tengah paling sering digesek gesek

Semua harga partnya wajar dan memang perlu diganti klo liat kerusakannya. Didiemin nanti merembet ke yg lain





Betul jdi ga center
Ban ukuran 100 mepet dengan crankase. tmbah lagi shock aftermarket yg ulirnya besar mkin mefet
Bwt memastikan silahkan trial and eror

Ujan
sibuk disawah cari


*Nemu internet lagi


oi, mank dari mana baru nemu inet skrng??
susah yg udah dapet live achievment
sibuk mulu

________________________________

ID TS.MKC udah ga pernah melanglang buana lagi dimari

Quote:Original Posted By cryptonix23
Mio-J punya ane(standart), sempet tes akselerasi lg td malem.
0-60 kmpj terasa akselerasinya TP pas 60kmpj ke atas berasa berat bangeet,.malah ane cuma sempet dapet 80kmpj dong berat banget super ngeden ,.


nais ripiw om
emang karakter Mio J gtu, untuk bagian CVT beda banget sama mio dulu,
roller lbh ringan, jarak sumbu CVT jg pendek CMIIW
bisa jadi itu penyebabnya untuk tarikan atas jadi boyo

mek sore om om semua

KASKUS Sign In

or Sign In with