superarmzAvatar border
TS
superarmz
[CatPer + Foto] Gunung Ciremai, 22 - 24 Maret 2012 : Dari 0 Mdpl Menuju 3078 Mdpl
emoticon-Blue Guy Cendol (L)SELAMAT DATANG DI CATATAN PERJALANAN ANE emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Mohon ijin untuk para sesepuh, senior, nubie ataupun silent reader disini. Ane Cuma mau sharing perjalanan ane bersama temen-temen dari Pecinta Alam ane ke Gunung Ciremai, yang alhamdulillah terlaksana pas long Weekend kemarin, dari tanggal 22-24 Maret 2012. Okelah tanpa perlu berpanjang lebar, Biar tulisan dan gambar yang bercerita, dan agan sendiri yang menginterpretasikannya . langsung cekibrot ajah yah gan.

Kamis, 22 Maret 2012
Pukul 21 . 44 – Jatinangor


Spoiler for 1:



Dari titik kumpul di Bank BRI Jatinangor, Sumedang. Ane bersama 16 teman ane plus 1 orang Guide, , bertolak dari Jatinangor. Untuk memulai perjalanan menuju Kuningan. Dengan men-carter dua unit angkot. Perjalanan sengaja dipilih malam karena memang untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalan menuju Sumedang terutama di Tanjung Sari dan daerah Cadaspangeran. Alhamdulillah, lalu lintas saat itu lengang, Gan. Sepanjang Perjalanan menuju Sumedang pun diisi dengan candaan santai bareng anak-anak, Gan.


Pukul 22.50 - Sumedang
Sampai di Kota Sumedang, jalan terasa lengang, perjalanan pun langsung diteruskan. Ane masih memperhatikan jalanan, sambil menikmati laju kendaraan. Karena belum terasa mengantuk, sambil ngemil kacang ane terus melek, Gan.

Pukul 23.58 - Majalengka

Sampai di kota Majalengka, bener-bener sepi, Gan, secara dah hampir tengah malam. Mata Ane udah mulai terasa berat, Gan. Gak berapa lama lewat dari Kota Majalengka, Ane tepar, Gan. Tertidur. Udah gak merhatiin jalanan lagi, Gan. Temen-temen Ane malah udah pada tidur sejak sampai di Sumedang, Gan. -_-

Jum’at, 23 Maret 2012
Pukul 01.58 - Pos Palutungan,


Taraaaaa...... Ane kebangun Gan, dan tau-tau mobil udah berhenti. Temen-temen Ane udah pada berisik, eh ternyata udah pada nurunin carrier. Ane pun buru-buru bangkit dan keluar, dan Jreeeng. Ternyata udah sampai di Pos Palutungan. Pos awal Pendakian, Gan. Yang merupakan, Pos Pendaftaran sekaligus Pengecekan, Gan. Sebelum masuk Pintu Rimba. ? Tapi karena sekarang lagi larut malam, Pos nya udah tutup Gan, Ane kira Pos nya buka 24 jam emoticon-Hammer2.

Spoiler for 2:



Setelah foto-foto narsis najis di depan Pos Palutungan, kita beranjak ke masjid yang ada di deket Pos, Gan. Niatnya untuk istirahat dulu, sambil masak makanan dan teh. Soalnya dari awal kita emang niat mulai mendaki Selesai Shalat Shubuh, Gan.
Spoiler for 3:


Sampai di Masjid rupanya udah banyak pendaki lain yang udah duluan sampai, Gan. Pada tiduran di dalam sleeping Bag di Serambi Masjid.

Sembari menunggu Shubuh, anak-anak ada yang bikin makanan ada yang masak air dan bikin teh. Karena emang udah kerasa dinginnya, Gan. Sebenarnya banyak warung dan orang berjualan disini. Tapi berhubung kita sampainya dini hari, jadi kagak ada yang buka, Gan. :P

Spoiler for 4:



Gak lama kita sampai, dateng lagi rombongan pendaki lain kesini, Gan. Mungkin karena Long Weekend, Gunung Ciremai rame disambangi Pendaki, Gan. Ini makin menambah semangat, Gan. Secara rame.

Setelah semuanya beres makan, minum dan Shalat Shubuh, Packing-packing kembali kita bersiap untuk memulai pendakian. Oiya, Gan kita sempat ngecek lagi ke Pos Palutungan, eh tapi karena tetap belum buka. Jadi kita gak ngelapor, hehehehe. Langsung capcus jalan. Tapi tetep lho gak lupa sebelum mulai kita berdoa bareng-bareng dulu, Gan, supaya diberi keselamatan dari awal sampai pulang pendakian.

05.10 – Pintu Rimba

Bismillah,.... Langkah pertama pun dimulai, Gan. Kita berjalan menuju Ladang penduduk sampai ujungnya yang merupakan awal masuk Pintu Rimba. Jalan Aspal berakhir, jalan tanah berbatu dimulai.

Jalan masih relatif gelap, Gan. Oleh karena itu sebagian dari kita memakai senter dan headlight, untuk menerangi jalan setapak, Gan. Sambil terus masuk ke hutan. Vegetasi pertama yang ditemui adalah Hutan Pinus, Gan. Buset keren banget !!, kita berjalan diantara pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang, sambil menjaga interval jarak, Ane sendiri berada di posisi ke 3 dari belakang.

Normalnya Dari mulai Pintu Rimba sampai pada Pos Cigowong dapat ditempuh dengan tempo 2 jam, Gan. Kita berjalan dengan tempo tetap. Sambil perlahan-lahan sinar mentari mulai menampakkan dirinya, pelan – pelan hari mulai terang Gan. Medan yang dilalui relatif masih datar Gan, gak menguras energi, asal jalan santai dan sambil ngobrol atau dengerin MP3 2 jam gak kerasa kok, Gan., Oiya jangan bengong yah. Pantangan tuh di Gunung .

Tak lupa kita berfoto ria Gan.
Spoiler for 5:



07.05 – Sampai di Pos Cigowong, 07. 44 Berangkat dari Pos Cigowong

Spoiler for 6:



Akhirnya sampai juga di Pos Cigowong, keadaan sudah terang. Di Pos Ini terdapat aliran sungai, Gan. Agan - Agan bisa mulai mengisi persediaan air disini, karena di pos-pos seterusnya tidak terdapat sumber air, Gan. Pos terakhir yang terdapat sumber air adalah Pos Gua Walet, tapi itu masih berjam -jam perjalanan gan .

Di Pos Cigowong juga terdapat shelter, Gan, dan ada kamar Mandi juga lho, jadi bisa istirahat dulu. Ane, karena kelaperan, buru-buru bongkar kompor dan misting, terus bikin indomi goreng, Gan. Hehehe. Setelah puas foto-foto dan mengisi perbekalan air. Pendakian pun dilanjutkan. Oiya Gan, mulai dari Pos Cigowong jalan sudah mulai landai ke atas, tapi masih santai kok gan, belum menguras energi.

Spoiler for 7:



07.55 - Pos Kuta

Spoiler for 8:



Pukul 08.00 kurang 5 menit kita sampai di Pos Kuta, kita gak berhenti, Gan, langsung jalan aja, jalan mulai agak naik turun, Gan. Tapi masih bisa di tolerir. Dari Pos Kuta ke Pos Pangguyangan Badak, akan di hadang oleh pohon tumbang, Gan, kayaknya emang udah lama tuh tumbangnya. Tapi don’t worry udah dibikinin jalannya kok, Gan.

Spoiler for 9:



08.39 – Pos Pangguyangan Badak, 08.47 – Berangkat dari Pangguyangan Badak

Spoiler for 10:



Sampai di Pos Pangguyangan Badak, mulai keringetan. Kita break sebentar, nyeka keringet sama atur nafas lagi, Gan. Minum dulu, sambil tetap becanda, biar tetap pada semangat emoticon-Malu (S). Dan tetep....... jeprat-jepret, Gan emoticon-Stick Out Tongue.
Dari mulai Pangguyangan Badak sampai Pasanggrahan, Ane kebut-kebutan sama temen Ane, Gan, Si Eca, aslinya doi udah tepar, Gan, sejak sampai di Pos ini. Gara-gara doi ngerokok , Gan , sambil jalan. Yah ngos-ngosan emoticon-Stick Out Tongue. Tapi akhirnya doi semangat gara-gara ane kasitau dan kasi liat rute pendakian, kalau jarak tempuh antar pos - pos ini gak begitu jauh Gan, ane panas-panasin, Gan emoticon-Stick Out Tongue. Kita pun berada di posisi depan terus, ngebalap emoticon-Stick Out Tongue

Spoiler for 11:



Perjalanan dilanjutkan gan, dengan trek yang sudah mulai menantang, kebanyakan nanjak. Menuju Arban, mulai siapin handuk kecil buat nyeka keringet, Gan emoticon-Stick Out Tongue

09.43 - Tiba di Pos Arban, 10.25 – Bertolak dari Arban
Spoiler for 12:


Nyampe di Pos Arban, sesuai prakiraan waktu lebih kurang, 1 jam perjalanan dari Pos Pangguyangan Badak. Tidak ada keterlambatan. kita break agak lama, Gan, duduk – duduk sambil bikin teh, selonjoran di bawah pohon, ngisi tenaga lagi, sebagian temen-temen Ane ada yang tiduran, Ane sendiri bikin Wedang Jahe, Gan. Asli langsung seger, Gan emoticon-Cendol (S).
Trek selanjutnya bakal lebih nanjak, Gan, tapi gak lama kok, karena jarak antara Arban ke Tanjakan Asoy, gak jauh kok, Gan.

Spoiler for 13:


Tapi di sepanjang jalan banyak pohon tumbang Gan, dan terkadang kita harus melewati sela-sela pohon.

Spoiler for 14:



10.44 – Tiba di Pos Tanjakan Asoy, 10.55 – Bertolak dari Tanjakan Asoy

Spoiler for 15:


Nyampe di Pos Tanjakan Asoy, Gan. Dari namanya aja, udah bisa ditebak kalau trek kedepannya bakal penuh banget sama Tanjakan, Gan. Kita gak berhenti lama, Cuma 10 menitan doang. Ngatur nafas dan minum secukupnya . karena trek nya udah mulai nanjak. Nanjaknya Jor-joran, gak nanggung-nanggung. Ketatkan tali ransel, Agan, dan Mari Menanjak. emoticon-Stick Out Tongue
Spoiler for 16:





0
9.5K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.