caffeineholic
TS
caffeineholic
[Sharing] Semua Tentang Batere (Aki)
Tambahan dari agan jejeh

Quote:



tambahan dari agan arifsmart emoticon-Smilie
Quote:


Tambahan dari Agan Rhenoa

Quote:






Gan, Mau sharing tentang Aki nih, agan tau kan Aki merupakan salah satu yang Vital (Buat kendaraan roda 4 dan kendaraan roda 2) bayangin aja kalo harus disuruh ndorong karena mogok.. bisa mampus apalagi pas puasa gini emoticon-Big Grin

Nah ane mau sharing apa aja tentang aki nih gan emoticon-I Love Indonesia mudah – mudahan bermanfaat buat kita semua ya gan :

Aki atau disebut juga dengan akumulator, merupakan Salah satu pemegang peranan penting di kendaraan, sebut aja ada 3 gan SLI (Starting, Lighting, dan Ignition)

Contoh Aki

Spoiler for Aki Mobil:


Spoiler for Aki Motor:


Ada juga aki Industri gan.. ini fungsinya buat sumber listrik alat – alat industri

Spoiler for Aki Industri:


Cara Kerja :
Secara umum, cara kerja aki adalah dengan reaksi kimia timbal (Pb) dengan asam sulfat (H2S04) aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya, lampu, radio dan lain-lain.

Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif. Pada saat pelepasan muatan listrik terus menerus, elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan terus berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat.

Jika Aki tidak dapat lagi memberi aliran listrik pada voltage tertentu, maka aki tersebut dalam keadaan lemah arus (soak).

Nah kalo aki udah soak, berarti harus diganti gan, ato bisa juga dengan disetrum ulang (dipancing) tapi menurut ane sih lebih baik diganti, karena takutnya sewaktu waktu kita lagi jalan jauh, tiba2 akinya mati.. mampus dah emoticon-Cape d...
Kalo agan punya cerita menarik seputar aki boleh di share disini yah.. ane gak mau emoticon-Blue Guy Bata (L)gan, kalo emoticon-Toast ane terima emoticon-Big Grin
saireelmertrigene00ardycruzz
ardycruzz dan 3 lainnya memberi reputasi
4
153.9K
1K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4
icon
25KThread11KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.