Masuk KASKUS

atau masuk dengan

5 / 5
Subscribe
1024
1024
KASKUS
51
244
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013986853/bi-checking---tips-mengetahui-blacklist-dari-bi-utk-para-calon-nasabah-kredit
Wah bagus nih gan,

Ane skalian mau tanya beberapa kali apply CC ditolak dan pas ane check BI trnyata ada Col 2 beberapa kali emang telah bayar cuma 1-2 hari telat apa itu yg bikin ditolak ya gan?

Krang masuk akal aja kalo mnurut ane gara2 telat 1-2 hari masuk col 2 dan susah buat cari pinjeman lagi. Lucu ya gan
mau tanya gan, ane ada masalah pembayaran CC (sering telat bayar & pembayaran minimum) pernah ada riwayat buruk juga waktu leasing pembayaran telat selama 1thn jatuh tempo tgl 15 bayar tgl 30 tapi udah lunas. dan saat ini sedang proses pengajuan KPR
pengajuan pertama di tolak oleh bank karena masalah blacklist (ane belom cek ke BI masuk col berapa), kemudian di saranin sama developer untuk ganti berkas/ngajuin ulang dengan nama istri (join income) karena istri belum pernah pinjam apalagi bermasalah dengan bank, apakah nama ane tetap menjadi masalah dalam pengajuan KPR kedua, mohon pencerahannya makasih.

Kpr dgn pemakaian kartu kredit

Dear agan2 sekalian.

Mau tanya neh, ane mau ngajuin Kpr ke 2 sktr 500jtan dan existing cicilan 3jt.
Gaji ane di 25jtn. Dari status Bi checking, masuk kolektibilitas 1. Akan tetapi Ada pemakaian kartu kredit urgent bln ini sktr 40jt.
Kira2, kpr yg ke 2 diapprove gak ya?
Atau harus lunasin tagihan kartu kredit nya dulu,
Thanks in advance
Wah pas banget ktemu trit ini, sory klo bangkitin trit zombi

Jd gini gan, ane dulu pernah macet pinjaman di bank, udah dilunasi. Tp pake nama belakang yg disingkat. Skarang ktp dll udah pake nama lengkap, nama ortu juga beda penulisan, cuma tgl lahir sama.

Skarang ane ngajuin KPR nih gan, ane black list ga ya di BI checking nya? Soalnya klo kpr ditolak bank nti potong separoh uang bookingnya.

Mohon pencerahan agan yg faham masalah ini
hola haloooo gann...,dari page 1 sampai page terakhir ane gk ad liat cara baca idi historis dari BI ini,mudah mudahn ad yg ngepost cara baca idi historis disertai gambar..,
CC ane udah ane tutup gan. pernah punya pengalaman buruk dlm BI checking yg pelakunya bukan ane, melainkan someone yg ga pantes ane sebut 'teman'.
mau tanya, yg menentukan di tolak atau di terima dari pihak bank kreditur bukan? bukan dari BI kan?
jd istilah pinjaman 1/3 dari gaji itu tergantung analis dari kreditur?
Quote:Original Posted By pnyx
yg menentukan di tolak atau di terima dari pihak bank kreditur bukan? bukan dari BI kan?

Betul, dari pihak bank pemberi pinjamannya. BI Checking aja sebagai referensi tambahan aja. Cuma ya kalau record BI Checking nya jelek (misal ada pinjaman status collect 5 di lembaga keuangan lainnya) tentu analis bank ybs mikir2 lagi mau kasih pinjaman ke orang ybs, bisa2 malah langsung reject

Quote:jd istilah pinjaman 1/3 dari gaji itu tergantung analis dari kreditur?
Kalau ketentuan itu ane gak ngerti gan


edit
tinggalin sandal dulu ahhh
Maaf min,,
Saya sudah melakukan pendaftaran via online tapi sampai saat ini belum ada jawaban dari BI nya itu knpa yahh??
Nahh ane baru dpt blsan dri bi
Database debitur tersebut tercatat dalam Sid
Itu gmna gan bro?
Quote:Original Posted By 3949
Nahh ane baru dpt blsan dri bi
Database debitur tersebut tercatat dalam Sid
Itu gmna gan bro?

Baca aja emailnya dengan lengkap, ada petunjuknya di situ.
Intinya: cetak email balasan dari BI itu + siapin FC KTP, lalu kunjungi kantor BI terdekat (bawa dokumen2 tsb) untuk mengambil laporannya.
Kalau petugas bagian SID nya standby, hari itu juga dikasih laporannya (paling nunggu sebentar). Tapi kalau pas petugasnya lagi tugas luar atau off-duty, ya besoknya paling baru jadi.