BI Checking - Tips mengetahui blacklist dari BI (utk para calon Nasabah Kredit)

Post Reply
2 votes, 5 average.
Subscribe share: Facebook Twitter
profile picture
Kaskus Addict #141
Quote:Original Posted By k03s.sanjaya
Gan, ane mau tanya dong...
ane ada rencana mau ambil kpr, tapi ane ragu pengajuan kredit ane bisa di acc, takut uang booking fee hangus nih..
krn 5 tahun yg lalu ane pernah punya bbrp kartu kredit gan dan seiring waktu ada bbrp yg macet pembayarannya krn kondisi keuangan ane hancur2an sampai ane minta reschedulle pembayaran ke bank penerbit kartu tsb, dan alhamdulillah dengan sekian lama nyicil lunaslah hutang2 tsb, tapi ada satu bank yg tidak pernah memberikan surat lunasnya gan ( ane sdh tanyain tapi selalu bilang sdh dikirim tp ane tdk pernah menerimanya) dan banknya tdk pernah menagih lagi, tapi ane khawatir juga nih..
dan satu lagi masalahnya gan, blm lama ini ane pernah nolongin saudara kredit motor pake nama ane kreditnya dan baru setahun motornya dibawa kabur trus ngga dibayar2 gan..
kira2 gimana nih prospek ane buat ajuin kredit... kayaknya berat yah gan
btw kira2 berapa lama sih data kita bisa hilang di bi checking gan, thx atas infonya


datang langsung ke BI... bilang mo BI checking, nanti ama satpam diarahkan ke gedung B

tanya

gan,mau tanya nih
klo utk KTA yg tinggal 1 kali pembayaran uda terlambat sebulan lebih kira2 kena BI blacklisted tdk ya,soalnya cuman itu saja sih sy berbuat kesalahan,utk kartu kredit lancar ga ada problema terlambat membayar ato pelunasan,mohon bantuannya,thanx..
profile picture
Kaskus Addict #143
gan ane deal beli rumah dr developer 500an jt,,bhubung bossnya masih tetangga ane lobi untuk cash bertahap jangka waktu sampai dengan 1 tahun 9akhir feb 2015). nah ternyata emang ada babrapa kendala di ketersediaan dana ane,,kurang 120an juta nih,,jadi niatnya mau di KPR (langsung cari2 banak, nyiapin syarat),,

nah beberapa hari yg lalu kirim email permintaan SID,,trus tadi ane ambil hardcopy BI checking,ke gerai info gd B,,ternyata ane kena coll 4 selama 2bln,,jadi ceritanya khan ane dlu pns di belawan medan,, nah awal tahun ini mutasi k tj priok,,,nah di belawan ada pinjaman BRi autodebet dr rek payroll..pas kita pindah jkta,,ternyata pinjaman BRi belum dimutasikan ke jkta oleh pihak BRI belwan,,tak tanya katanya suruh nunggu ntar klo udah dikirm ke jkta, dikasih tunggakan yg belum dibayar,,oke ane setujui aja,,krena sebelumnya gk paham maslah Bi checking,cm sbtas tau aj,,jadi ada tunggakan dr feb-juni yg belum dibayar (col 4)..tp juli udah di mutasi, tunggakn tak byar, dan selanjutnya autodebet,,udah balik ke col 1..

kira2 klo apply KPR tolak /diterima ya gan?

Gan ane mau nanya, ane mau ambil kpr, cuma pada bulan juni 2013 ane ada col 5, ini gara2 kartu kredit mand*ri yang udah ane tutup ternyata gak ketutup ama pihak bank. Akhirnya juni 2013 begitu ane di telp langsung dah ane lunasin. Ane ada kpr bca, pinjaman cith bank, kartu kredit bca, cicilan mobil alhamdulilah semua lancar. Nah ane dah check ke bi kalau overall ane col 1, tapi di history transaksi nya ane ada col 5 di bulan juni 2013 dan akan hilang dari history juny 2015. Karena ane ragu ane coba apply dah kartu kredit bni yg platinum, eh ternya ta di approved. Kalau ane ngajuin kpr kira2 diterima atau ditolak ya gan? Soalnya sayang kalau booking fee angus? Mohon pencerahan nya
nice inpoh gan...
Quote:Original Posted By unyubunch
baca ini:
http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/01A...10209final.pdf --> Bank Umum

http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/8A3.../pbi_81907.pdf --> Bank Perkreditan Rakyat

http://m.bi.go.id/NR/rdonlyres/37DF0...pbi_131312.pdf --> Bank Syariah dan selainnya.

predikatnya: lancar, kurang lancar, diragukan, macet

da yg mau nambahin


koreksi dikiiiit aja gan: predikat itu = kolektibilitas : Lancar , Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan , Macet
buat yg lagi macet , mungkin ini bisa menjadi solusi anda BKS DEBT SOLUTION

mengenai blacklist , anda harus tahu dulu apa itu blacklist dan yg di kategorikan blacklist itu adalah penipuan perbank an, contoh penggandaan kartu kredit, pendanaan teroris, cek/giro kosong , dll yg berunsur pidana.

jadi kalo anda ga melakukan tindak pidana perbankan, jangan takut akan blacklist itu yaa gann
Kalau telat bayar kredit FIF masuk blacklist gak gan di BI?
gan kalau PEGDAIAN masuk BI Checking ngak??Maksudnya dalam hal ini misalkan ane gadai emas dipegadaian dan cuman bayar bunga,apa nama ane masuk dalam list BI Checking??

Atasi Blacklist

Quote:Original Posted By dj_tann
Salam kenal agan semua,

Nama saya Oki, dlm wkt dkt ini saya brencana utk ambil KPR didaerah bogor, tapi saya punya track record yg kurang bagus di mata perbankan, akibat penggunaan kartu kredit saya bbrp thn lalu, tapi itu sudah dilunasi, namun ternyata saya masih tercatat memiliki kekurangan pembayaran, pdhal saya shd melunasi sekaligus menutup CC saya tsb, data tsb spt nya ada di BI kalau tdk salah, pertanyaan saya adalah apakah saya termasuk kategori blaclist ? dan jika iya, bagaimana saya dapat meminta penghapusan data tsb agar pengajuan kpr saya tdk terbentur blacklist ini ?

Mohon bantuan info dan input nya dari agan2 sekalian.

Banyak terima kasih

Regards,
Ockie


Ane Punya referensi yang bagus utk menghapus BI Cheking dan urusan Kartu Kredit Lainnya, hanya berbayar, tapi Ane Puas Gan...

Coba dipelajari dulu di:

http://bit.ly/ccwiyasa

Siapa tau bermanfaat...

Makasih...

Blacklist or Not

Quote:Original Posted By milyaderonline
halo gan mau tanya nih , kalo semisal orang tua history nya ada blacklist apakah status blacklist itu turun ke anak cucu apa bagaimana ya gan ? mohon pencerahannya

terimakasih


Checking itu pada dasarnya ada 5 gan...tapi untuk di Indonesia itu baru pake 3 cara...
1. Checking Deduplikasi
2. Checking Blacklist pada DHN BI
3. Checking BI...

Apabila kita ada masalah yg sering dibilang Blacklist...dipastiin dl Blacklistnya itu krn masalah apa dan dimana (lembaga keuangan Bank atau Bukan Bank)

Khusus untuk masalah Agan...sebagai contoh misal blacklist ortu di LKB atau LKBB apakah kita sebagai anaknya jg terkena blacklist?
Jwabannya bisa ya bisa nggak Gan, krn kalo blacklist itu terjadi krn DPD pada lembaga pembiayaan biasanya kita sebagai anak pasti terkena dampaknya, krn pihak leasing mempunyai Data Bad Customer. Kalo Ortu kita Blacklist Krn cek kosong hal tersebut hanya terjadi pada bulan berjalan, pada bulan berikutnya sudah normal lagi. Kecuali Cek Kosong terjadi selama 5x berturut turut dan berulang ulang maka BI akan mengeluarkan Nama kita dari DHN ke DOT, dan kalau sdh DOT untuk mengajukan Giro baru pasti ditolak, namun hal ini tidak mengikat kepada kita sebagai anaknya...
Kalo Ortu Blacklist krn adanya DPD pada LKB, hal tersebut tidak serta merta mengikat kita sebagai anaknya ikutan blacklist, krn Bank juga mempunyai penilaian tersendiri mengenai karakterisktik kita sebagai Calon Debitur, dan tetap menggunakan parameter 5C, 1P, dan sesuai dengan Prudential Banking Policy....

Demikian Gan...
Btw buat Agan TS nice thread...
Quote:Original Posted By wahyubonser
Malem gan.
Mau tanya nih,ane kan mau ngajuin kpr..nah tapi ane ada kartu kredit yg tiap bulannya ane telat bayar coz jatuh tempo tgl 19,ane gajian tgl 25,hehe..udah gitu bayarnya minimum juga gan ane..kalo kasus kaya ane masuk ke kolektabilitas brapa ya?baru setahun si punya kartu kreditnya.trus distatus kartu kreditnya ada tulisan "status lancar" padahal ane tiap bulan telat gan..

Mohon pencerahan.makasih om om sekalian..


Memang Agan Posisinya DPD..tapi pada saat bank tutup buku setiap akhir bulan agan udah bayar dan dalam posisi lancar, jadi memang di report billing bulanan status KK agan itu pasti kategori lancar...untuk msalah ini agan bisa hubungi Call Center Bank penerbit KK tersebut utk meminta perubahan tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo....Demikian Saran dari ane Gan...
Quote:Original Posted By fikiawaji
Permisi gan,, numpang tanya buat yg ngerti soal kredit nih,,

Gini, ane skrg ambil kredit HP pakai jasa Hom* Cr*dit gan,, utk pertama kalinya prmintaan ane di approve krn pertama kali juga ane ambil kredit.. langsung aja ya, awalnya gan dr agennya bilang jatuh tempo pembayarannya tanggal 23 (karena ane transaksinya di tanggal itu) dan kalo bisa katanya tanggal 20nya dibayar biar tracknya bagus katanya..
Nah gini gan masalahnya, ane sebenernya gajiannya tanggal 28, itu jg lg ada duit aja karena lagi kepengen ambil HP buat hadiah cewe ane.. ane coba bilang ke mas agennya klo ane ga bisa bayar di tanggal itu dan ga bisa di ubah jg tanggal jatuh temponya, setelah debat2 yaudah deal deh ane usahain bayar di tanggal 25 (berarti udh lewat jatuh tempo 2 hari dr tanggal 23) ni juga minjem sama adik ane dulu buat talangin.. jadi gali lobang tutup lobang..
Jadi dalam kurun waktu bulan pertama sampe bulan ke-9 ane nunggak terus gan bayarnya,, skrg tinggal 3 bulan lagi baru lunas,, ane liat di surat perjanjiannya sih ga ada penalti, karena berlaku kalo nunggak 5 hari kena denda 50.000..

Yg ane khawatirin kira2 nama ane di blacklist ga ya sama BI? Soalnya ane sering ditelpon2 sama agennya minta konfirmasi pembayaran,, dan ane selalu bilang "maaf saya bisa bayar ditanggal 25 karena gajian saya tanggal 28, itu udh saya usahakan tanggal segitu" terus kata agennya "oh oke, tapi konsekuensinya nanti histori bapak di BI jelek lho pak, karena dari awal pembayaran selalu telat, takutnya nanti kalo bapak ajuin kredit ditempat lain bakal dipersulit untuk approve.."
wah ane jd khawatir juga gan, takutnya nanti ane kedepannya susah buat ajuin kredit kalo gitu,,palagi ane belum berumah tangga & pasti butuh fasilitas kredit jg.. tau gitu pas tanggal gajian aja deh ane ambil kreditnya..

Kira2 gimana ya gan? Reputasi ane tergolong lancar apa enggak ya? Nunggak 2 hari dari jatuh tempo, tapi di tanggal 25nya yg dimaksud ane pastikan bayar kok,,
Dan kira2 bisa bersih lagi ga ya nama ane? Takut ga bisa approve dimana-mana..
Mohon banged pencerahannya ya gan.. sampe skrg ane msh khawatir, ga tenang


Jangan Mewek Gan...
Tenang aja...status Agan Masih dalam kategori Lancar (Kol1)...
nice info gan..

KASKUS Sign In

or Sign In with